SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus Pada Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kedungwaru)

RETNOWATI .

Abstrak


ABSTRAK

Retnowati. 2009. Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Kasus Pada Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kedungwaru). Skripsi, Program Studi Pendidikan, Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.Ec, (2) Dr. Hadi Sumarsono, S.T, M.Si.

Kata Kunci: Faktor internal, faktor eksternal, prestasi

    Kemampuan yang dimiliki oleh setiap siswa berbeda antara siswa yang satu dengan siswa yang lain. Hal ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh situasi dan kondisi yang bersifat internal dan eksternal yang berasal dari siswa. Faktor internal merupakan faktor yang bersasal dari dalam diri siswa. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa. Masa remaja yang penuh dengan problema yang dialami oleh siswa dapat mengganggu belajar siswa. Oleh karen aitu faktor internal dan faktor eksternal harus saling mendukung untuk menghasilkan prestasi belajar ekonomi yang optimal.
    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor jasmani terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kedungwaru, (2) mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor psikologi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kedungwaru, (3) mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kedungwaru, (4) mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kedungwaru, (5) mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kedungwaru. Variabel bebas penelitian ini terdiri dari faktor jasmani (X1), faktor psikologi (X2), lingkungan keluarga (X3), lingkungan sekolah (X4), dan lingkungan masyarakat (X5). Sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar (Y).
    Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan kondisi variabel bebas dan variabel terikat dalam bentuk perhitungan persentase. Metode regresi linier berganda digunakan untuk menentukan besarnya pengaruh faktor jasmani (X1), faktor psikologi (X2), lingkungan keluarga (X3), lingkungan sekolah (X4), dan lingkungan masyarakat (X5) terhadap prestasi belajar ekonomi (Y) siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kedungwaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kedungwaru yang berjumlah 167 siswa dan sampelnya berjumlah 44 siswa.
    Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dengan menggunakan instrumen kuesioner. Jenis data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan data sekunder berupa nilai ulangan ekonomi siswa.
    Hasil penelitian di SMA Negeri 1 Kedungwaru menunjukkan bahwa analisis pengaruh pengaruh faktor jasmani terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh nilai t hitung 3.122 dengan signifikansi 0,003 < 0,05, maka faktor jasmani berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Analisis pengaruh faktor psikologi terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh nilai t hitung 2.528 dengan signifikansi 0,013 < 0,05, maka faktor psikologi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Analisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh nilai t hitung 2,550 dengan signifikansi 0,015 < 0,05, maka lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Analisis pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh nilai t hitung 3,111 dengan signifikansi 0,004 < 0,05, maka lingkungan sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Analisis pengaruh lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh nilai t hitung 2,982 dengan signifikansi 0,021 < 0,05, maka lingkungan masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi.Analisis faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh nilai F hitung 7,859 dengan signifikansi 0.000 < 0.05, maka faktor internal dan faktor eksternal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Besar R square adalah 0.508. Hal ini berarti prestasi belajar ekonomi (Y) dapat dipengaruhi oleh faktor jasmani (X1), faktor psikologi (X2), lingkungan keluarga (X3), lingkungan sekolah (X4), dan lingkungan masyarakat (X5) sebesar 50.8% sedangkan sisanya 49.2% disebabkan oleh faktor lain.
    Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor internal dan faktor eksternal siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kedungwaru. Saran bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengembangkan penelitian sejenis diharapkan meneliti faktor lain seperti intelegensi, kurikulum, kebijakan penilaian, dan lain-lain.


Teks Penuh: DOC PDF