SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan Internet Banking Pada Komunitas Online Shop Kota Malang

Maryam Rachmaniyah

Abstrak


ABSTRAK

Rachmaniyah, Maryam. 2016. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan Internet Banking Pada KomunitasOnline Shop Kota Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M

Kata Kunci : Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Minat Menggunakan Internet Banking

Perkembangan teknologi di sektor perbankan telah memunculkan berbagai inovasi salah satunya ialah internet banking. Adanya internet banking ini memudahkan aktivitas nasabah dalam melakukan transaksi non tunai seperti transfer, cek mutasi dan transaksi lainnya. Layanan perbankan ini sangat diperlukan bagi masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi dan berkegiatan super sibuk yang tidak sempat untuk ke bank atau ke ATM hanya untuk melakukan transaksi non cash.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dan minat untuk menggunakan layanan internet banking.Model yang digunakan dalam penelitian ini ialah Technology Acceptance Model yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Variabel independen pada penelitian ini persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat, sedangkan variabel dependen yang digunakan yaitu minat menggunakan internet banking.

Penelitian ini dilakukan secara online dengan menggunakan metode survei terhadap 62 orang yang terdaftar sebagai anggota komunitas online shop Kota Malang yang memiliki rekening aktif di bank serta menggunakan internet banking. Pemilihan sampel penelitian ini didasarkan pada alasan bahwa menurut survei APJII 2016 menyatakan bahwa pengguna internet terbesar ialah mahasiswa, dan sebagian besar anggota ialah mahasiswa serta intensitas transaksi yang dilakukan lebih tinggi. Data diolah dan dianalisis dengan regresi linear berganda dengan menggunakan Software SPSS 16.0 for windows

Hasil dari penelitian ini penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat penggunaan internet banking.).Persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan internet banking. Persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan internet banking.