SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perilaku Dalam Pengambilan Keputusan Menghadapi Masalah Pada Industri Kerajinan Gerabah Kelurahan Penanggungan Kota Malang

Suhendro . Suhendro

Abstrak


ABSTRAK

Suhendro. 2016. Perilaku dalam Pengambilan Keputusan Menghadapi Masalah pada Industri Kerajinan Gerabah Kelurahan Penanggungan Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Mit Witjaksono, MS.Ed, (II) Thomas Soseco, S.E. M.Sc.

Kata Kunci: Masalah Industri, Pengambilan Keputusan, Kondisi Keuangan

Masalah yang dihadapi pelaku usaha pada industri kerajinan gerabah di Kota Malang adalah terkait bahan baku dan pasar. Permasalahan terkait bahan baku menyangkut kurangnya atau kualitas bahan baku. Bahan baku merupakan unsur yang sangat penting karena berkaitan dengan proses produksi, ketika terjadi permasalahan kurangnya atau kualitas bahan baku maka pelaku industri tidak bisa melakukan proses produksi. Pasar merupakan tempat dimana pelaku industri dapat menjual hasil produksinya. Permasalahan selanjutnya berkaitan dengan pasar yakni masuknya gerabah dari daerah lain dipasar sehingga akan terjadi persaingan harga sehingga akan berdampak pada penjualan gerabah. Pelaku industri harus mempunyai sikap yang bijak serta dapat mengambil keputusan dalam mengatasi permasalahan terkait pasar.

Dalam penelitian ini menggunakan mixed method yang dilakukan dengan cara menggabungkan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, pengumpulan data dan analisis data dengan kualitatif pada tahap pertama selanjutnya pada tahap kedua dilakukan pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Penanggungan Kota Malang khususnya pada Pelaku Industri Gerabah. Jenis data dari penelitian ini adalah data primer dan sekunder untuk memperkuat penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi ke tempat penelitian dan wawancara kepada informan. Alat analisis yang digunakan adalah dasar-dasar pendekatan pengambilan keputusan.

Hasil penelitian ini adalah pengambilan keputusan pada industri kerajinan gerabah sudah tepat. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku dalam pengambilan keputusan yang dilakukan oleh industri kerajinan gerabah berdasarkan oleh pengalaman pelaku industri dan fakta yang ada di lapangan. Dengan adanya perilaku dan pengambilan keputusan yang dilakukan akan berdampak pada kondisi keuangan pelaku industri kerajinan gerabah. Untuk itu diperlukan pengambilan keputusan yang tepat dalam menyikapi masalah agar berdampak baik pada kondisi keuangan pelaku industri kerajinan gerabah.