SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Tingkat Pengetahuan Ilmu Ekonomi dan Pemanfaatan Bank Mini Sekolah terhadap Minat Menabung Siswa Kelas XI IPSSMANegeri 2 Malang

Zakki Mubarak.

Abstrak


Minat menabung siswamerupakan ketertarikan siswa untuk menabung uangnya di lembaga keuangan dengan tujuan tertentu.Minat menabung siswa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Tingkat pengetahuan ilmu ekonomi dan pemanfaatan bank mini sekolah. Pengetahuan ilmu ekonomi mengajarkan siswa untuk pandai dalam mengelola keuangannya, menentukan skala prioritas dalam pemenuhan kebutuhannya. Salah satu faktor mempengaruhi pendidikan adalah dengan pemanfaatan bank mini sekolah secara optimal, siswa membiasakan diri untuk menyalurkan minat menabungnya, maka kebiasaan tersebut akan terus berkembang dan menjadi karakter siswa. Permasalahan di SMA Negeri 2 Malang yaitu siswa terlihat kurang menggunakan pengetahuan ilmu ekonominya dalam berkonsumsi dan kurangnya siswa memanfaatkan bank mini sekolah. Pada jam istirahat siswa cenderung untuk berkonsumsi daripada menyisihkan sebagian uangnya untuk di tabung dan siswa juga terlihat kurangnya siswa berkunjung ke bank mini sekolah untuk keperluan menabung.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tingkat pengetahuan ilmu ekonomi terhadap minat menabung siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang. (2) pengaruh pemanfaatan bank mini sekolah terhadap minat menabung siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang. (3) pengaruh tingkat pengetahuan ilmu ekonomi dan pemanfaatan bank mini sekolah terhadap minat menabung siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPSSMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 138 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan teknik “proporsionalrandom sampling”, diperoleh 102 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh tingkat pengetahuan ilmu ekonomi (x1) terhadap minat menabung siswa (y) sebesar 17,25% dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < α (0,05). (2) terdapat pengaruh pemanfaatan bank mini sekolah (x2) terhadap minat menabung siswa (y) sebesar 45,11% dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < α (0,05). (3) terdapat pengaruh tingkat pengetahuan ilmu ekonomi (x1) dan pemanfaatan bank mini sekolah (x­­2) terhadap minat menabung siswa (y) sebesar 62,3% dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < α (0,05).

Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan bagi guru ekonomi di SMAN2 Malang, kalau memungkinkan dapat membawa siswa praktek di bank mini sekolah, pada materi-materi yang terkait dengan perbankan, namun apabila tidak bisa praktek paling tidak membawa siswa melihat kegiatan-kegiatan yang ada di bank mini sekolah.Bagi Pengelola Bank Mini Sekolah, sebaiknya memberi jadwal (waktu) dimana siswa-siswa dapat ikut serta praktek dalam kegiatan operasional bank mini sekolah. Bagi peneliti selanjutnya,Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian yang sejenis dengan sudut pandang, aspek dan latar penelitian yang berbeda.