SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Harga Saham Perusahaan Semen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2015

Dieska Melati Shinta Ayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Ayu, Dieska Melati Shinta. 2016. Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Harga Saham Perusahaan Semen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2015. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si., (II) Dr. Grisvia Agustin, S.E., M.Sc.

 

Kata Kunci:Rasio Keuangan Perusahaan, BI Rate, Harga Saham, Perusahaan Semen

 

Realisasi pembangunan infrastruktur berupa sarana dan prasarana masyarakat dilakukan dengan segera guna memperlancar mobilitas rakyat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan hidup. Namun, proses pembangunan ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Kemudahan akses keuangan bagi masyarakat menjadi salah satu kunci pemenuhan kebutuhan dana pembangunan infrastruktur di Indonesia karena dana simpanan masyarakat dapat menjadi sumber investasi untuk menunjang pembangunan. Dana dari investor juga diperlukan untuk menunjang kelangsungan perusahaan penyedia bahan baku konstruksi sehingga kebutuhan dapat terpenuhi dengan adanya dana yang mencukupi, yakni dengan menanamkan dana mereka pada instrumen saham. Sebagai acuan pengambilan keputusan berinvestasi pada saham, terdapat dua analisis tradisional yang digunakan yakni analisis fundamental dan teknikal. Analisis fundamental dilakukan dengan menganalisis rasio keuangan perusahaan sedangkan analisis teknikal dengan mengamati pergerakan grafik harga saham.

 

Informasi keuangan perusahaan menjadi dasar informasi penting bagi pengguna informasi yang menunjukkan performa perusahaan selama periode tertentu, sehingga dapat dijadikan acuan tentang aman atau tidaknya berinvestasi pada saham perusahaan tertentu. Informasi semakin mudah dibaca dengan menganalisis melalui rasio keuangan yang setiap rasionya memiliki toleransi angka yang berbeda-beda untuk menunjukkan angka kelayakan.

 

Grafik pergerakan saham dapat melihat pada indeks harga saham sebagai informasi historis keadaan perekonomian suatu negara Melalui informasi historis ini investor dapat memprediksi keamanan berinvestasi untuk waktu ke depannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan perusahaan melalui tiga rasio keuangan  yaitu quick ratio, return on equity (ROE), dan total assets turnover (TAT) serta tingkat suku bunga dengan menggunakan suku bunga Bank Indonesia terhadap harga saham perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data per kuartal selama periode 2008-2015 diperoleh dari BEI dan situs Bank Indonesia. Melalui analisis regresi data panel, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan, baik secara parsial dan simultan, antara quick ratio, ROE, TAT, terhadap harga saham, ROE terhadap harga saham, TAT terhadap harga saham, dan suku bunga terhadap harga saham.