SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pelaksanaan Branchless Banking Sebagai Upaya Mendorong Inklusi Keuangan (Studi Kasus: Program BRILink Bank BRI KCP Unit Panggungrejo Kabupaten Blitar)

Linda Mar'atus Sholikah

Abstrak


ABSTRAK

Sholikah, Linda Mar’atus. 2016.Analisis Pelaksanaan Branchless Banking Sebagai Upaya Mendorong Inklusi Keuangan (Studi Kasus: Program BRILink Bank BRI KCP Unit Panggungrejo Kabupaten Blitar. Skripsi, JurusanEkonomiPembangunan, FakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M. (II) Dr. Farida Rahmawati, S.E., M.E.

                            

Kata Kunci:Branchless Banking, BRILink,Inklusi Keuangan

Keadaan geografis di Indonesia yangluas dengan masih besarnya ketidakmerataan saranaperbankanmengakibatkan masyarakat di pedesaan menjadi kesusahan dalam mengakses  perbankan. Berdasarkan data riset global inclusion Bank Dunia, didapatkan angka inklusi keuangan Indonesia terhitung 20% rakyat Indonesia memiliki rekening bank. Fakta ini mendorong Bank Indonesia memperluas layanan perbankandengan penerapanbranchless bankingBranchless bankingmerupakan layanan sistem keuangan yang dilakukan tidak melalui kantor, namun dengan menggunakan sarana teknologi dan/atau jasa pihak ketiga terutama untuk melayani masyarakat unbanked.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan: (1) Gambaran pelaksanaan BRILink (2) Pengaruh BRILink dalam mendorong inklusi keuangan. Penelitian ini mengambil lokasi di Bank BRI Unit Panggungrejo. Penelitian ini mengumpulkandata dengan cara wawancara secara langsung kepada pihak BRI, agen BRILink, dan nasabah BRILink.

Hasil penelitian(1) Pelaksanaan BRILink di Panggungrejo dengan menggunakan sistem keagenan (2) Keberadaan BRILink di Panggungrejo berpengaruh dalam mendorong inklusi keuangan, yaitu:(a) Kemudahan dalam mengakses layanan perbankan kini semakin mudah dan cepat dengan adanya agen sebagai kepanjangan tangan dari bank. (b) biaya yang terjangkau dapat menjangkau masyarakat menengah kebawah. (c) fitur yang diberikan BRILink sederhana dan praktis jadi masyarakat nyaman menggunakan layanan BRILink.(d) kualitas BRILink yang lebih bisa menjangkau nasabah dari interaksi yang dilakukan oleh agen dan nasabah. (e) BRILinkmenambahpenghasilanagendanmembantu aktifitas transaksi masyarakat Panggungrejosehinggadapat menambah kesejahteraan masyarakat dalam mengakses perbankan.


 

ABSTRACT

Sholikah, Linda Mar’atus. 2016. Implementation of Baranchless Banking as Effort to Encourge Financial Inklusion (A case study: BRILink KCP Unit PanggungrejoDistric of Blitar. Sarjana’s Thesis, Department Of Economic Development, Universitas Negeri Malang. Supervisors: (1) Dr. DwiWulandari, S.E, M.M. (2) Dr. Farida Rahmawati, S.E., M.E.

Key words:Brenchless BankingBRILink, Financial Inclusion

Geographical situation in Indonesia is spacious with still large inequities resulting banking facilities in rural communities into difficulty in accessing banking. Based on data from the World Bank global research inclusion, figures obtained financial inclusion Indonesia accounting for 20% of the Indonesian people have a bank account. This fact prompted Bank Indonesia to expand its banking services with the adoption of branchless banking. Branchless banking is a service of the financial system that do not through the office, but by means of technology and services of third parties, especially to serve the unbanked community.

This research is a qualitative case study. The purpose of this study to obtain: (1) description of the implementation BRILink (2) Effect of BRILink in fostering financial inclusion. This study took place at Bank BRI Unit Panggungrejo. This study collected data by interviewing directly to the BRI, BRILinks agents, and customers BRILink.

The results of the study (1) Implementation of BRILink in Panggungrejo by using the agency system (2) The existence of BRILink in Panggungrejo way in promoting financial inclusion, namely: (a) Ease of access to banking services is now easier and faster with the agency as a representative of the bank. (B) an affordable cost can reach the middle class. (C) givenBRILink features simple and practical so people comfortable using BRILink services. (D) qualityBRILink more can reach customers of interactions made by the agent and the client. (E) BRILink increase revenue agents and help communities Panggungrejo transaction activity so as to increase the welfare of the community in accessing banking.