SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efisiensi dan Efektivitas Pengelolaan Sumber Daya Keuangan Pembenih Ikan Lele Desa Kemiri Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri

SETYA ARI GUSAGGI

Abstrak


Pembenihan lele berbeda dengan pembudidayaan lele. Banyak keputusan-keputusan penetapan alokasi keuangan yang harus diambil pembenih guna menempatkan alokasi keuangan pada porsi yang sesuai dengan kebutuhan ketika proses pembenihan berlangsung. Prinsip efisiensi dan efektivitas perlu diperhatikan untuk mengambil keputusan yang benar. Tujuan dari penelitian ini yaitu melihat apakah dari proses alokasi keuangan dan ketepatan pengambilan keputusan telah memperhatikan prinsip efisiensi dan efektivitas atau belum. Dan juga bagaimana cara untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas tersebut.

Penelitian ini menggunakan mixed methods research yang mengombinasikan antara pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Data yang dibutuhkan adalah data tentang modal awal, tahap – tahap pembenihan ikan lele, waktu pembenihan ikan lele, kuantitas produksi dan alokasi biaya. Peneliti bertindak sebagai instrumen dalam mengumpulkan data. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tersebut adalah dengan pengamatan lapangan, wawancara, dan kuesioner. Untuk mengecek keabsahan data digunakan empat teknik yaitu kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Analisis data dimulai dari reduksi data, display data, penarikan kesimpulan sementara, revenue cost ratio, dan penarikan kesimpulan.

Dari hasil analisis data, peneliti mendapatkan data tingkat efisiensi dan efektivitas pembenihan ikan lele. Pertama, dari segi efisiensi tahapan pembenihan ikan lele termasuk dalam kategori efisien. Efisiensi tahapan dapat tercapai melalui pengoptimalan pada tahap pemijahan, pendederan dan pemanenan. Sedangkan dari segi efisiensi waktu, tahap yang mengalami efisiensi ketika pembenih menyortir ikan untuk dipindahkan sesuai ukuran sehingga waktu panen bisa dipercepat. Dari segi efisiensi biaya didapatkan hasil R/C ratio adalah 2,15 hal ini menunjukkan tingkat efisiensi pembenihan ikan lele dari segi biaya. Kedua, Efektivitas pembenihan ikan lele mencapai kritria efektif sebesar 133% dan melebihi target yang telah ditentukan, bisa diartikan pembenihan ikan lele Desa Kemiri sangat efektif.