SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kesiapan Belajar, Relasi Antar Anggota Keluarga, Dan Teman Bergaul Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Panjura Malang Tahun Ajaran 2015/2016

Aprilia Salasa Madaniyyah

Abstrak


Dalam pendidikan terdapat kegiatan belajar yang dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi belajar adalah kesiapan belajar yang berhubungan dengan kematangan belajar siswa. Beberapa faktor eksternal yang dapat mempengaruhi belajar siswa diantaranya disebabkan oleh faktor keluarga dan faktor masyarakat. Salah satu faktor keluarga adalah relasi antar anggota keluarga siswa yang erat hubungannya dengan keharmonisan yang diciptakan antar anggota keluarga yang dapat membangun psikologis belajar siswa. Salah satu faktor masyarakat yang dapat mempengaruhi belajar siswa adalah teman bergaul yang berhubungan dengan perilaku belajar siswa. Kesiapan belajar yang matang dan teman bergaul erat hubungannya dengan kondisi atau suasana belajar dikelas. Pada saat observasi awal terlihat beberapa kelas yang kondisinya kurang aktif, terutama kelas XI IIS 2. Pada saat guru bertanya tidak ada jawaban atau sanggahan dari siswa. Guru bertanya dan menjawab pertanyaannya sendiri, siswa hanya diam mendengarkan dan terdapat pula sekumpulan anak yang membuat kelas sedikit berisik dengan tawanya. Pusat  kegaduhan ini hanya terpusat pada bangku blok pojok kanan belakang. Kontrasnya perilaku siswa yang berbeda beda perlunya pemilihan teman bergaul yang tepat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh relasi antar anggota keluarga terhadap hasil belajar siswa, (3) pengaruh teman bergaul terhadap hasil belajar, (4) pengaruh kesiapan belajar, relasi antar anggota keluarga, dan teman bergaul siswa kelas XI IIS di SMA PANJURA Malang.

Rancangan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data kesiapan belajar, relasi antar anggota keluarga, teman bergaul diperoleh menggunakan angket. Siswa kelas XI IIS di SMA PANJURA Malang yang menjadi sampel penelitian berjumlah 111 siswa. Data hasil belajar diperoleh dari hasil Ujian Tengah Semester (UTS) semester genap. Data dianalisis dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan regresi linear berganda.

Dilihat dari hasil penelitian dideskripsikan bahwa kesiapan belajar siswa kelas XI IIS di SMA PANJURA Malang tergolong cukup. Relasi antar anggota keluarga siswa kelas XI IIS di SMA PANJURA Malang tergolong cukup. Teman bergaul siswa kelas XI IIS di SMA PANJURA Malang regolong baik. Hasil belajar siswa kelas XI IIS di SMA PANJURA Malang tergolong kurang.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh secara parsial antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar, pengaruh antara relasi antar anggota keluarga terhadap hasil belajar, dan pengaruh antara teman bergaul terhadap hasil belajar. Terdapat pengaruh secara simultan antara kesiapan belajar, relasi antar anggota keluarga, dan teman bergaul terhadap hasil belajar siswakelas XI IIS di SMA PANJURA Malang.

 

Dari penelitian yang telah dilakukan, maka penulis memberikan saran kepada siswa agar lebih menyiapkan persiapan belajarnya sebelum menerima pembelajaran selanjutnya  supaya kualitas hasil belajar siswa lebih baik dari sebelumnya.