SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srengat)

VENTI WICAHYANI

Abstrak


ABSTRAK
 
Wicahyani, Venti Mei. 2010. Pengaruh Minat Baca dan Motivasi Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran
Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srengat). Skripsi, Jurusan Ekonomi
Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W,
S.E., M.P., Ak. (2) Agus Sumanto, S.E., M.S.A.
 
Kata Kunci: Minat Baca, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa.
 
Pendidikan merupakan salah satu bidang yang penting dan dianggap pokok
dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan diharapkan dapat meningkatkan
sumber daya manusia. Tercapainya tujuan pendidikan yang dicita-citakan
khususnya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi
belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah minat baca dan
motivasi belajar. Minat baca adalah suatu rasa ketertarikan atau kesukaan terhadap
kegiatan membaca. Dengan memiliki minat baca dalam diri, maka siswa akan
bergerak hatinya untuk terus membaca. Sedangkan motivasi belajar merupakan 
suatau dorongan untuk melakukan suatu keinginan belajar. Dimana dengan
keinginan untuk berprestasi mendorong siswa untuk berusaha agar tercapai hasil
belajar yang optimal.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang pengaruh minat baca
terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar
siswa, serta pengaruh minat baca dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar
siswa.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode diskiptif kuantitatif.
Instrumen dalm penelitian ini berupa angket, kemudian hasilnya dianalisis dengan
menggunakan teknik regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah
113 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srengat tahun ajaran 2009/2010. Jumlah
sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa. Teknik sampel yang digunakan
adalah proporsional random sampling. Kemudian sampel penelitian ditentukan
secara proporsional yaitu 25 siswa dari masing-masing kelas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat baca dan motivasi belajar
siswa tergolong tinggi dan dari hasil analisis regresi diketahui (1) Terdapat
pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa, (2) Terdapat pengaruh
motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) Terdapat pengaruh minat baca
dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dapat
dijelaskan oleh variabel bebas (minat baca dan motivasi belajar) sebesar 51,3%
sedangkan sisanya 48,7% disebabkan oleh variabel lain. Dari hasil penelitian
diketahui bahwa minat baca merupakan variabel yang yang efektif mempengaruhi
prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
penagruh yang simultan dan parsial antara minat baca dan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar siswa. Saran yang bisa diberikan (1) Agar guru dapat
  ilebih meningkatkan pemberian motivasi kepada siswa sehingga siswa lebih giat
untuk belajar, Misal dengan selalu menghargai semua hasil karya siswa sehingga
siswa akan lebih termotivasi. Serta guru hendaknya lebih sering memberikan
tugas-tugas atau latihan-latihan dan lebih mengembangkan latihan tersebut,
sehingga memungkinkan siswa untuk lebih banyak membaca dari berbagai
literatur buku atau sumber lain. (2) Kepala sekolah sebaiknya Untuk menyediakan
sumber belajar yang bervariasi dan bermanfaat bagi siswa sehingga prestasi
belajar siswa tercapai secara optimal. (3) Siswa Agar dapat meningkatkan minat
baca dengan membaca buku secara kritis, membaca buku dengan mengerti bukan
menghafal, dan membaca buku sekaligus membuat catatan yang dianggap penting
untuk memudahkan dalam belajar. (4) Bagi peneliti selanjutnya apabila meneliti
mengenai hal yang sama dengan penelitian ini diharapkan variable yang ingin
diteliti lebih diperluas lagi dan dalam pengambilan data lebih ditingkatkan
metode-metode yang digunakan sehingga hasil penelitian ini diharapkan dapat
digunakan sebagai landasan atau bahan literatur untuk penelitian lebih lanjut.