SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS PETANI JERUK (Studi Kasus pada Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang)

septifany achmalinda

Abstrak


ABSTRAK

 

ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS PETANI JERUK (Studi Kasus pada Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang)

Sektor pertanian,subsektor perkebunan merupakan sektor yang pertumbuhannya paling konsisten dilihat dari hasil produksi,dan produktivitasnya. Saat iniIndonesia mempunyai peluang besar untuk bersaing dengan jeruk impor. Pemacuan jeruk nasional akan memiliki urgensi penting untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui produktivitasnya. Dalam program wilayah pengembangan Kabupaten Malang, sentra penghasil jeruk dan perkebunan jeruk terdapat di Kecamatan Dau. Berdasarkan ilmu ekonomi pertanian,usaha peningkatan produktivitas tidak hanya diukur melalui dengan pengelolaan lahan pertanian akan tetapi juga memperhitungkan aspek seperti manajemen usaha para petani, serta aspek psikologis dari petani. Produktivitas dipengaruhi oleh suatu kombinasi dari banyak faktor antara lain kualitas bibit, pupuk, jenis teknologi yang digunakan, ketersediaan modal, dan tingkat pendidikan/pengetahuan petani.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah faktor modal, luas lahan, tingkat pendidikan, dan jumlah tenaga kerja berpengaruh secara parsial terhadap produktivitas petani jeruk. (2) Apakah faktor modal, luas lahan, tingkat pendidikan, dan jumlah tenaga kerja berpengaruh secara simultan terhadap produktivitas petani jeruk. Penelitian ini dilakukan pada petani jeruk di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif korelasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui kuesioner (wawancara) kepada 70 responden petani jeruk dan data sekunder yang diperoleh dari Kantor Kelurahan Selorejo dan Kecamatan Dau. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Variabel independent terdiri dari variabel Modal, Luas Lahan, Pendidikan, dan Tenaga kerja. Sedangkan variabel dependen adalah Produktivitas Petani Jeruk

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan faktor modal, luas lahan, tingkat pendidikan, dan jumlah tenaga kerja mempunyai pengaruh terhadap produktivitas petani jeruk, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (signifikansi a). Namun secara parsial, faktor modal dan luas lahan yang mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap produktivitas petani jeruk, ditunjukkan dengan nilai signifikansi masing-masing variabel modal sebesar 0,005 < 0,05, dan variabel luas lahan sebesar 0,003 < 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis menyarankan (1) hendaknya pemerintah memberikan penyuluhan maupun pelatihan untuk menambah ilmu dan pengetahuan teknologi bagi petani diluar pendidikan formal yang ditamatkan oleh petani untuk meningkatkan produktivitas petani (2) untuk penelitian selanjutnyaagar dapat menambah variabel lain diluar variabel yang diteliti dalam penelitian ini agar informasi yang diberikan dapat lebih baik.