SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Program Sertifikasi terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA se-kabupaten Nganjuk

Perpus UM

Abstrak


Widyaningtias, Aprilia. 2010. Pengaruh Program Sertifikasi terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA se-kabupaten Nganjuk. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) : Dr. Hadi Sumarsono, S.T,M.Si. Pembimbing (II) : Agus Sumanto, S.E, M.S.A

Kata kunci: Sertifiksi Guru, Kinerja Guru

Kinerja guru secara konseptual adalah gambaran hasil kerja seorang guru dalam mengelola dan melaksanakan tanggungjawab profesional yang dimiliki. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kinerja guru adalah dengan mengadakan program pemberian sertifikat pada para guru. Pemberian sertifikat ini agar guru meningkatkan kinerjanya dan dampak yang diharapkan dari meningkatnya kinerja adalah tercapainya hasil mutu pendidikan dan tercapainya tujuan pendidikan nasional sebagaimana yang tertuang dalam UU No.20/2003 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dengan ini peneliti berusaha mencari jawaban atas berita yang berkembang dimasyarakat bahwa program sertifikasi tidak berdampak sama sekali pada kinerja guru, namun hanya akal-akalan pemerintah untuk menaikkan tingkat kesejahteraan guru, dan apakah dapat digeneralisasikan ditiap daerah sertifikasi tidak berpengaruh pada kinerja gurunya. Sehingga dalam penelitian ini peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui kinerja guru ekonomi SMA se-kabupaten Nganjuk dan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi terhadap kinerja guru ekonomi SMA se-kabupaten Nganjuk. 

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanatori (explanation research). Analisis yang digunakan adalah analisis Uji-t. Variable dalam penelitian ini adalah kinerja guru yang terdiri dari sub variabel: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Sasaran dalam penelitian ini adalah guru yang telah sertifikasi maupun guru yang belum menempuh program sertifikasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan kuesioner. 

Dari hasil penelitian diketahui guru ekonomi SMA se-kabupaten Nganjuk baik yang telah menempuh program sertifikasi dan yang belum menempuh program sertifikasi memiliki kinerja yang baik. Dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan program sertifikasi terhadap kinerja guru ekonomi SMA se-kabupaten Nganjuk. 

Berdasarkan dari hasil penelitian saran yang dapat diberikan  adalah hendaknya guru yang tersertifikasi meningkatkan kinerjanya agar terbukti bahwa guru yang telah sertifikasi kompeten di bidangnya, pelaksanaan sertifikasi melalui penilaian portofolio kurang efektif, dikarenakan tidak bisa mewakili kompetensi yang dimiliki guru, sehingga perlu adanya  ujian  komprehensif dan praktek agar dapat dipastikan bahwa tunjangan profesi pendidik diberikan kepada mereka yang benar-benar berhak dan layak memperolehnya, selain itu keikutsertaan dalam pelatihan, seminar, lokakarya perlu ditingkatkan, untuk menambah wawasan dan keterampilan guru, sehingga akan dihasilkan kinerja yang baik.