SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, PEMBERIAN MOTIVASI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MAN (MADRASAH ALIYAH NEGERI) MALANG 1

Siti Nur Kholifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nur Kholifah, Siti. 2010. Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua, Pemberian Motivasi dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Malang 1. Skripsi, Jurusan ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mardono, M.Si., (2) Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.Ec.

 

Kata Kunci: Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, Tingkat Ketersediaan Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar

 

Dalam pelaksanaan pendidikan ada tiga unsur yang ikut bertanggung jawab yaitu: Orang Tua, Masyarakat, dan Pemerintah. Dalam dunia pendidikan formal, fenomena belajar mengajar dapat dilihat sebagai suatu proses belajar mengajar dan lebih menekankan pada terciptanya kegiatan pada diri siswa. Dalam mewujudkan lembaga pendidikan orang tua siswa dilibatkan dalam partisipasi swadana, hal ini secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh pada prestasi siswa. Keadaan sosial ekonomi orang tua menentukan perkembangan dan pendidikan anak disamping sebagai faktor penting bagi kesejahteraan keluarga. Motivasi yang dapat menentukan hasil beajar dapat berupa motivasi belajar intrinsik maupun ekstrinsik. Tingkat ketersediaan fasilitas belajar juga sangat penting bagi kelangsungan prestasi belajar siswa di sekolah. Kondisi sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar dan ketersediaan fasilitas belajar yang memadai akan dapat mendukung tercapainya prestasi belajar yang maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar, ketersediaan fasilitas belajar dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS MAN Malang 1. (2) Mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara sosial ekonomi orang tua motivasi belajar, ketersediaan  fasilitas belajar terhadap prestasi  belajar siswa kelas XI IPS MAN Malang 1. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis regresi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi data diperoleh dari populasi penelitian yang diambil  dari siswa kelas XI IPS MAN Malang 1.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar sisa termasuk kategori sangat baik (67.01%) kondisi sosial ekonomi orang tua tergolong tinggi (52.58%), motivasi belajar tergolong sedang (70.10%), fasilitas belajar tergolong sedang (51.55%). Dari hasil analisis pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial (1) ada pengaruh antara Latar  Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa MAN Malang 1 dengan pengaruh parsial sebesar  -0.265 atau -26.5%, (2) ada pengaruh parsial antara Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa MAN Malang 1 dengan pengaruh parsial sebesar 0.326 atau 32.6%, (3) ada pengaruh parsial antara Ketersediaan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa MAN Malang 1 dengan pengaruh parsial sebesar -0.211 atau 21.1%, (4) Secara simultan ada pengaruh antara latar belakang sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar, ketersediaan  fasilitas belajar terhadap prestasi  belajar siswa kelas XI IPS MAN Malang 1 dengan pengaruh sebesar 0.175 atau 17.5%.

Sehubungan dengan kesimpulan diatas maka disarankan kepada pihak terkait yaitu siswa untuk lebih berani membuka diri kepada bapak ibu guru agar berkomunikasi dalam kegiatan pembelajaran agar menjadi lebih nyaman dan juga siswa menggunakan fasilitas yang sudah tersedia semaksimal mungkin agar mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Orang tua siswa dan segenap guru agar memberikan perhatian serta bantuan pada waktu anak mengalami kesulitan belajar.