SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI GOOGLE, PEMBERIAN TUGAS, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS DI MAN MALANG 1

Miftachul Adlim

Abstrak


ABSTRACT

 

Adlim, Miftachul. 2016. Pengaruh Pemanfaatan Media Teknologi Google, Pemberian Tugas, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS MAN Malang 1. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Mardono, M.Si (II) Drs. Prih Hardinto, M.Si

Kata Kunci : media teknologi Google, pemberian tugas, motivasi, hasil belajar

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di MAN Malang 1, masih banyak siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru, terutama dalam mata pelajaran ekonomi. Mayoritas siswa kelas XI IIS dalam mengerjakan tugas masih banyak yang mencontek tugas dari siswa lain. Bahkan ketika guru memberikan tugas penalaran (berpikir) atau studi kasus, banyak siswa tidak mengerjakan dengan kemampuan berpikirnya sendiri. Maka dari itu diperlukan juga suatu efektivitas dalam pemberian tugas sehingga meminimalisir siswa untuk melakukan penyimpangan dalam proses pembelajaran. Pemberian tugas yang menarik dan efisien juga secara otomatis akan membuat mood siswa dalam mengerjakan tugas tinggi sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media teknologi Google, pemberian tugas, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di MAN Malang 1. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksplanasi karena bertujuan untuk menjelaskan tentang pengaruh variabel-variabel yang diteliti. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS MAN Malang 1 yang beralamatkan di Jalan Baiduri Bulan no. 40 Lowokwaru, Kota Malang. Adapun kelas XI IIS di MAN Malang 1 terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IIS 1 yang berjumlah 25 siswa dan kelas XI IIS 2 yang berjumlah 27 siswa. Peneliti mengambil sampel dari jumlah siswa sehingga ditemukan sampel sejumlah 46 siswa.

Penelitian ini menggunakan metode angket. Teknis penggunaan metode ini adalah dengan cara menyajikan langsung daftar pertanyaan yang berkaitan dengan variabel media teknologi google, tugas belajar, dan motivasi belajar. Sedangkan data prestasi belajar di ambil dari nilai Ulangan harian semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang diambil dari nilai kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2 di Madrasah Aliyah Negeri Malang 1.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa besarnya pengaruh variabel pemanfaatan media teknologi Google terhadap hasil belajar siswa sebesar 21,3%. Besarnya pengaruh variabel pemberian tugas terhadap variabel hasil belajar siswa diketahui sebesar 27,94%. Sedangkan besarnya variabel motivasi belajar terhadap variabel hasil belajar siswa diketahui sebesar 24,16%.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh pemanfaatan media teknologi Google, pemberian tugas, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di MAN Malang 1.

ABSTRACT

 

Adlim, Miftachul. 2016. Influence of Media Technology Utilization Google, Giving Tasks, and Motivation to Student Learning Outcomes in Subjects Economy Class XI IIS MAN Malang 1. Thesis. Economics Education Studies Program, Department of Economic Development, Faculty of Economics, State University of Malang, Advisor: (i) Drs. Mardono, M.Si (II) Drs. Prih Hardinto, M.Si

Keywords: Google technology media, assignments, motivation, learning outcomes

Based on the observations that have been made in MAN Malang 1, there are still many students who have low learning motivation in doing the assignment of teachers, especially in the economic subjects. The majority of students of class XI IIS in doing the task is still a lot of other students cheat on assignments. Even when teachers leave the task of reasoning (thinking) or case studies, many students do not work with their own thinking abilities. Thus it is necessary also an effectiveness in the provision of duty so as to minimize the student to make a deviation in the learning process. Giving an attractive and efficient task will automatically create the mood of students in doing the high thus increasing student motivation.

This study aims to investigate the influence of media use Google technology, assignments, and learning motivation on student learning outcomes on economic subjects in class XI IIS MAN Malang 1.

This research is a quantitative research. The research subjects are students of class XI IIS MAN Malang 1 is addressed at Baiduri Bulan street no. 40 Lowokwaru, Malang. As for class XI IIS in MAN Malang 1 consists of two classes, namely class XI IIS 1 totaling 25 students and class XI IIS 2 totaling 27 students. Researchers took samples of students that found a sample of 46 students.

This study using questionnaires. Technical use of this method is the direct way of presenting a list of questions relating to variable google media technology, the task of learning, and motivation to learn. While the learning achievement data is taken from Deuteronomy daily value of the second semester of the academic year 2015/2016 which were taken from the value of class XI XI IIS IIS 1 and 2 in Madrasah Aliyah Negeri Malang 1.

Based on the survey results revealed that the influence of media utilization variables Google technologies to the learning outcomes of students by 21.3%. The magnitude of the effect of variable giving assignments to students' learning outcome variables found to be 27.94%. While the magnitude of learning motivation variable to variable student learning outcomes are known at 24.16%.

 

Based on the results of research and discussion that has been presented, it can be concluded that the influence of media use Google technology, assignments, and learning motivation on student learning outcomes on economic subjects in class XI IIS MAN Malang 1.