SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Pemerintah Kabupaten dalam Pemberdayaan Pengrajin Batik Tanjung Bumi

mohammad manazilul abror

Abstrak


Kerajinan batik merupakan salah satu komoditasunggulan di Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan. Batik Tanjung Bumi memiliki motif yang halus dan warna yang cerah. Kerajinan batik menjadi sumber pendapatan tambahan bagi pengrajin perempuan dan menjadi pekerjaan utama bagi pengrajin laki-laki di Kecamatan Tanjung Bumi. Peran Pemerintah Kabupaten sebagai pembuat kebijakan sangat diperlukan untuk mengembangkan kerajinan batik di Kecamatan Tanjung Bumi.

Tujuan dari penelitian ini: (1) Mengidentifikasipemberdayaan pengrajin batik Tanjung Bumi oleh Pemerintah Kabupaten, (2) Mengidentifikasikendala Pemerintah Kabupaten dalam pemberdayaan pengrajin batik Tanjung Bumi, (3) Mengidentifikasi manfaat dalam pemberdayaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi serta wawancara langsung dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bangkalan, Dinas Koperasi dan UMKM Bangkalan, serta pengrajin batik di Kecamatan Tanjung Bumi.

Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Pemerintah Kabupaten melalui Dinas terkait memberikan pembinaan dan pelatihan pewarna alam, kemasan produk dan promosi melalui pameran, (2)kendala Pemerintah Kabupaten yaitu: bahan baku pewarna alam belum tersedia di Tanjung Bumi dan pengurus koperasi yang selalu berganti, (3) Manfaat yang diperoleh pengrajin: biaya produksi lebih murah, menambah lapangan pekerjaan, dan limbah produksi pewarna alam lebih ramah lingkungan.