SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP NEGERI 2 SUMBERPUCUNG KAB.MALANG

NUR ANITA YUNIKAWATI

Abstrak


                                       ABSTRAK
Yunikawati, Nur Anita. 2009. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMP Negeri 2 Sumberpucung Kab.Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan
Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Dra. Lisa Rokhmani,
M.Si, (2) Dr. Hadi Sumarsono, S.T. M.Si

Kata Kunci : Faktor Internal, Faktor Eksternal, Prestasi Belajar

    Di Indonesia kualitas dunia pendidikan terus ditingkatkan hal ini ditandaidengan diwajibkannya pendidikan dasar 9 tahun. Yaitu setiap warga negaranyawajib menempuh sekolah dasar enam tahun dan sekolah menengah pertamaselama tiga tahun. Dalam dunia pendidikan terdapat banyak masalah yangdihadapi terutama oleh lembaga penyelenggara pendidikan atau sekolah sepertikesulitan dalam penyediaan sarana dan prasarana, masalah yang timbul dalam
proses belajar mengajar, dan masalah dalam struktur organisasi lembagapendidikan itu sendiri. begitu juga SMP Negeri 2 Sumberpucung sebagai lembagapenyelenggara pendidikan tentu memiliki beberapa masalah seperti masalah yangdialami dalam proses belajar mengajar yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Dalam dunia pendidikan proses belajar mengajar merupakan salah satu faktorterpenting yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya pencapaian tujuanpendidikan bagi peserta didik. Untuk mengetahui faktor faktoryangmempengaruhi prestasi belajar siswa ditinjau dari dua segi yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
     Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh yangsignifikan antara faktor internal terhadap prestasi belajar ekonomi siswa di SMP Negeri 2 Sumberpucung? (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara faktor eksternal terhadap prestasi belajar ekonomi siswa di SMP Negeri 2 Sumberpucung? (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar ekonomi siswa di SMP Negeri 2 Sumberpucung?
    Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruhyang signifikan antara factor internal terhadap prestasi belajar pada mata pelajaranekonomi siswa di SMP Negeri 2 Sumberpucung. (2) Untuk mengetahui adatidaknya pengaruh yang signifikan antara faktor eksternal terhadap prestasi belajar
pada mata pelajaran ekonomi siswa di SMP Negeri 2 Sumberpucung. (3) Untukmengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara faktor internal dengan eksternal terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa di SMP Negeri 2 Sumberpucung.
    Hipotesis penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor internal terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa di SMP Negeri 2 Sumberpucung; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor eksternal terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa di SMP Negeri 2 Sumberpucung; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara
faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa di SMP Negeri 2 Sumberpucung.
      Penelitian ini di lakukan di SMP Negeri 2 Sumberpucung dengan populasi siswa kelas VIII yang keseluruhan berjumlah 216 dan diambil sampel sebanyak 20% atau sebanyak 42 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Data analisis dengan teknok persentase, korelasi dan regresi dengan bantuan komputer program SPSS 16.00 for Windows.
     Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa (1) faktor internal terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 2 Sumberpucung tergolong kategori tinggi yaitu sebesar 61%; (2) Faktor Eksternal terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMP Negeri 2 Sumberpucung tergolong kategori tinggi yaitu sebesar 83%; (3) Prestasi belajar di SMP Negeri 2 Sumberpucung kelas VIII UTS semsester ganjil tergolong baik yaitu sebesar 59%; (4) secara parsial ada pengaruh antara faktor internal dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 2 Sumberpucung; (5) ada pengaruh secara parsial antara faktor eksternal dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 2 Sumberpucung; (6) secara simultan ada pengaruh antara faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 2 Sumberpucung.
      Kesimpulan hasil penelitian ini adalah faktor internal dan faktor eksternal memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 2 Sumberpucung. Saran dari penelitian ini antara lain: (1) Bagi siswa diharapkan siswa meningkatkan faktor internalnya agar prestasi belajarnya juga meningkat. Selain itu diharapkan siswa menggunakan fasilitas yang ada disekolah dengan sebaik mungkin agar prestasi
belajar lebih baik lagi. (2) Bagi keluarga hendaknya orang tua siswa lebih memperhatikan faktor eksternal seperti meningkatkan fasilitas guna meningkatkan prestasi belajar (3) Pihak sekolah hendaknya mampu menyediakan dan menyiapkan semua kelengkapan dan fasilitas belaajr yang lengkap untuk menunujang proses belajar mengajar agar kualitas output dapat ditingkatkan. (4) Bagi peneliti selanjutnya disarankan lebih mengembangkan variabel yang ada
hubungan dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang pendidikan.