SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PERMASALAHAN PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN MAHASISWA JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Dika Ayu Adininggar

Abstrak


Adininggar, Dika Ayu. 2016. Analisis Permasalahan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan  Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Achmad Ali Wafa, M.Pd, (II) Ro’ufah Inayati, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci: analisis permasalahan, Praktik Kerja Lapangan, Jurusan Ekonomi Pembangunan

 

            Praktik Kerja Lapangan merupakan salah satu kelompok Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat di Jurusan Ekonomi Pembangunan yang boleh ditempuh oleh program studi Pendidikan Ekonomi maupun Ekonomi Pembangunan. Praktik Kerja Lapangan sangat penting untuk meningkatkan kualitas  lulusan tetapi dalam persiapan maupun pelaksanaannya masih ditemui adanya permasalahan. Selama ini belum ada penelitian yang mengeksplorasi permasalahan yang dialami oleh mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang dalam menempuh Praktik Kerja Lapangan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan analisis mengenai permasalahan Praktik Kerja Lapangan.

            Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, mencakup permasalahan-permasalahan yang terjadi selama Praktik Kerja Lapangan, yang meliputi kegiatan sebelum pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan, saat pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan, dan setelah pelaksanaan Praktik Keja Lapangan dilihat dari sudut pandang dosen pembimbing dan mahasiswa praktikan.

            Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa hasil wawancara dengan para informan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari mengorganisasi data, pemeriksaan ulang data, pengolahan data, dan analisis data.

            Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, mahasiswa menemui permasalahan pada saat proses pengajuan Praktik Kerja Lapangan dalam hal administrasi dan pencarian instansi yang tepat. Kedua, pada saat pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan tidak adanya jadwal kerja yang jelas. Ketiga, setelah kegiatan Praktik Kerja Lapangan mahasiswa kesulitan dalam penyusunan Laporan Akhir. Keempat, tidak terdapat permasalahan pada hasil belajar mahasiswa walaupun terdapat permasalahan pada pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan.