SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Disiplin Belajar dan Pemanfaataan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2015/2016

Rizki Listyono Putro

Abstrak


ABSTRACT

 

Putro, Rizki Listyono. 2016. Pengaruh Disiplin Belajar dan Pemanfaataan Fasilitas Belajar

di Rumah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi di

SMA Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Ekonomi

Pembangunan, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E., M.Pd. (2)

Dr. Agung Haryono, S.E., M.P.,Ak.  

Kata Kunci: Disiplin Belajar, Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Rumah, Hasil Belajar

Ekonomi

Pendidikan merupakan hal yang sangat sentral karena menentukan nasib negara

Indonesia di masa mendatang. Prestasi belajar di sekolah dapat dilihat dari hasil ulangan

harian, ulangan tengah semester maupun ulangan semester. Hasil belajar siswa dapat

dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Peraturan tata tertib di sekolah telah

diterapkan namun masih banyak siswa yang belum mematuhinya dengan tepat, begitu pula

dengan tersedianya fasilitas belajar siswa di rumah yang memadai belum dimanfaatkan

dengan baik. Dari kedua faktor tersebut peneliti tertarik meneliti di SMA Negeri 8 Malang.

Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin belajar

terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 malang

tahun ajaran 2015/2016, (2) pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil

belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 malang tahun ajaran

2015/2016,     (3) pengaruh disiplin belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah

terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 malang

tahun ajaran 2015/2016.  

Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Analisis yang

digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Variabel dalam penelitian ini meliputi

disiplin belajar (X1), pemanfaatan fasilitas belajar di rumah (X2) dan hasil belajar mata

pelajaran ekonomi (Y). Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling,

dari 103 populasi terdapat jumlah sampel sebanyak 82 siswa yang tersebar di tiga kelas.

Dengan teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi.  

Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara parsial

terdapat pengaruh secara signifikan terbukti besaran probabilitas (Sig) pada disiplin belajar

dan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat

signifikan  masing-masing 0,01