SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Ekonomi Berbasis Media Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tempeh

Naily Rizqi Amaliyah

Abstrak


ABSTRAK

                Rizqi, Naily. 2015. Pengembangan Modul Ekonomi Berbasis Media Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tempeh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Dr. Hari Wahyono,M.Pd (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.Ec

Kata kunci: Modul Ekonomi, Media Flash, Hasil Belajar Siswa

                Tujuan yang diharapkan dari kegiatan pembelajaran adalah tercapainya kompetensi-kompetensi atau tujuan pembelajaran yang diharapkan yang diwujudkan dalam bentuk Hasil belajar. Pencapaian Hasil belajar tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi. Salah satu faktor yang mempengaruhinya yakni komponen-komponen pembelajaran yang meliputi: tujuan, bahan/materi, strategi, media, dan evaluasi pembelajaran. Bahan atau materi merupakan komponen yang penting dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Pemilihan bahan ajar yang tepat dan sesuai akan membawa proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta dapat tercapainya tujuan pembelajaran. Bahan/materi mengemas materi-materi pelajaran dan berisi kompetensi-kompetensi yang diharapkan. Multimedia interaktif merupakan salah bentuk dari bahan ajar yang menggabungkan dua atau lebih media (audio, teks, grafik, gambar, animasi dan video) dalam satu paket yang terpadu dan dapat dimanipulasi oleh penggunanya untuk dikendalikan sesuai dengan perintah.

Tujuan dari penelitian ini adalah Tujuan penelitian dan pengembangan yang akan dilakukaan untuk menghasilkan modul ekononomi sahih atau valid, efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan Penelitian yang diarahkan pada pengujian model melalui pengembangan modul ekonomi Model yang digunakan adalah R & D (Research and Development). Uji efektivitas Modul Berbasis media Flash ini dilakukan dengan post test only control group design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII i sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket, soal tes, dokumentasi. Prestasi belajar dalam penelitian ini dilihat dari nilai gainscore, nilai gainscore adalah selisih nilai posttest dengan nilai pretest. Adapun teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis multimedia interaktif adalah independent sampel t-test.

Berdasarkan hasil uji independent sampel t-test untuk nilai gainscore diperoleh nilai t hitung bernilai positif yakni 5,600 untuk nilai df=70 dan untuk t tabel adalah 1,930 maka t hitung > t tabel (5,600 > 1,930). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media flash ini valid dari aspek isi/materi,efektif meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 1 Tempeh Tahun Ajaran 2014/2015 dan praktis digunakan baik oleh siswa maupun guru.

Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian ini adalah Sebelum menggunakan Modul ini, guru sebaiknya memahami terlebih dahulu agar pembelajaran di kelas lebih terarah, Modul berbasis media flash ini disusun berdasarkan karakteristik siswa SMP Negeri 1 Tempeh sehingga jika akan menggunakan pada sekolah lain sebaiknya disesuaikan dengan karaktersitik siswa di sekolah tersebut