SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara pengelolaan kelas dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri Se-kota Blitar

Teguh Prasetyo

Abstrak


 

ABSTRAK

Prasetyo, Teguh. 2007. Hubungan antara pengelolaan kelas dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri Se-kota Blitar. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program studi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Dr. Bambang Pranowo. SE, Mpd, A.K. (II) Drs. Mardono, M. Si.

 

Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar Ekonomi

 

            Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting dalam kehidupan manusia itu sendiri. Karena pendidikan dapat membentuk pribadi manusia seutuhnya dan berlangsung seumur hidup. Oleh karena itu sangat wajar bila bidang pendidikan termasuk hal yang sangat diperhatikan selain bidang yang lain. Pengelolaan kelas merupakan seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal bagi terciptanya proses pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai usaha untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif dalam rangka peningkatan mutu prestasi belajar siswa.

            Dalam pelaksanaan pengelolaan kelas, guru dapat menggunakan pendekatan-pendekatan antara lain: pendekatan pengubahan tingkah laku, pendekatan iklim sosioemosional, pendekatan proses kelompok.

            Sedangkan masalah yang dikaji dalam penelitian ini secara umum adalah Adakah hubungan antara pengelolaan kelas dengan prestasi belajar siswa IPS di SMA Negeri Se-kota Blitar pada mata pelajaran ekonomi, sedangkan secara khusus adalah: (1) Adakah hubungan teknik pendekatan pengubahan tingkah laku dengan prestasi belajar siswa IPS di SMA Negeri Se-kota Blitar pada mata pelajaran ekonomi, (2) Adakah hubungan teknik pendekatan sosioemosional dengan prestasi belajar siswa IPS di SMA Negeri Se-kota Blitar pada mata pelajaran ekonomi, (3) Adakah hubungan teknik pendekatan proses kelompok dengan prestasi belajar siswa IPS di SMA Negeri Se-kota Blitar pada mata pelajaran ekonomi.

            Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengelolaan kelas yang dilakukan guru ekonomi dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri Se-kota Blitar, sedangkan tujuan khususnya adalah (1) Untuk mengetahui hubungan teknik pendekatan pengubahan tingkah laku dengan prestasi belajar siswa IPS di SMA Negeri Se-kota Blitar pada mata pelajaran ekonomi, (2) Untuk mengetahui hubungan teknik pendekatan sosioemosional dengan prestasi belajar siswa IPS di SMA Negeri Se-kota Blitar pada mata pelajaran ekonomi, (3) Untuk mengetahui hubungan teknik pendekatan proses kelompok dengan prestasi belajar siswa IPS di SMA Negeri Se-kota Blitar pada mata pelajaran ekonomi.

 

 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa IPS di SMA Negeri Se-kota Blitar yang berjumlah 344 siswa. Sampel diambil 10 % dari jumlah populasi, sedangkan teknik pengambilannya menggunakan proporsional random sampling yang dibagi 10 kelas. Untuk megumpulkan data digunakan teknik kuisioner dan dokumentasi, kuisioner dipakai untuk mengetahui kegiatan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru ekonomi di SMA Negeri Se-kota Blitar. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh nilai prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis "Product Moment" dengan menggunakan bantuan SPSS 13 for Windows.

            Setelah dilakukan analisis data, maka diperoleh kesimpulan yaitu terdapat hubungan antara pengelolaan kelas dengan prestasi belajar siswa IPS di SMA Negeri Se-kota Blitar pada mata pelajaran ekonomi dengan (0,571) > (0,361). Secara khusus (1) Terdapat hubungan teknik pendekatan pengubahan tingkah laku dengan prestasi belajar siswa IPS di SMA Negeri Se-kota Blitar pada mata pelajaran ekonomi dengan (0,447) > (0,361), (2) Terdapat hubungan teknik pendekatan sosioemosional dengan prestasi belajar siswa IPS di SMA Negeri Se-kota Blitar pada mata pelajaran ekonomi dengan (0,379) >(0,361), (3) Terdapat hubungan teknik pendekatan proses kelompok dengan prestasi belajar siswa IPS di SMA Negeri Se-kota Blitar pada mata pelajaran ekonomi denagn (0,379) > (0,361).

            Dari hasil penelitian ini penulis dapat memberikan saran yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah hendaknya memberikan pembinaan serta arahan tentang teknik pendekatan-pendekatan dalam pengelolaan kelas yang telah dilakukan oleh guru ekonomi, guru ekonomi hendaknya mempertahankan dan meningkatkan penerapan tiga pendekatan pengelolaan kelas yang lebih efektif sehingga prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisa meningkat. Kepada jurusan hendaknya selalu memberikan pengarahan dan bimbingan yang lebih mendalam pada mahasiswa pengembangan penelitian sebelumnya. Untuk peneliti lain hendaknya hasil dari penelitian ini bisa dijadikan bahan bandingan, apabila akan mengadakan penelitian serupa pada lembaga lain.

 

 


Teks Penuh: DOC PDF