SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ), dan Perhatian Orang Tua Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari

Moh Andri

Abstrak


ABSTRAK

 

Andri, Moh. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ), dan Perhatian Orang Tua Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agung Haryono, S.E, M.P, Ak, (2) Drs. Prih Hardinto M.Si.

 

Kata Kunci : Kecerdasan Emosional (EQ), Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosinal dan perhatian orang tua siswa terhadap hasil belajar siswa baik secara parsial maupun simultan.

Kecerdasan Emosional adalah kemampuan seorang siswa dalam mengendalikan emosinya untuk melakukan tindakan, sehingga siswa mendapatkan sesuatu yang diharapkan siswa. Perhatian orang tua siswa adalah cara orang tua siswa untuk memperhatikan siswa dalam belajar dan memenuhi kebutuhan siswa di sekolah. Hasil belajar siswa merupakan pencapaian belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi yang diambil dari nilai ujian tengah semester mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari tahun ajaran 2014/2015.

Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif eksplanasi, karena bertujuan menjelaskan ada tidaknya pengaruh dan besaran pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu kecerdasan emosional (X1) dan perhatian orang tua siswa (X2) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Singosari kelas XI IIS yang berjumlah 103 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sensus yaitu semua populasi dijadikan sampel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi dengan teknik analisis regresi berganda, teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi.

 

Hasil dari penelitian ini adalah secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa dan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel perhatian orang tua siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari, Secara simultan kecerdasan emosional dan perhatian orang tua siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari.