SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Ketersediaan Sumber Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 7 Malang

Reza Marbyana

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Marbyana, Reza. 2007. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Ketersediaan Sumber Belajar  di Rumah terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 7 Malang. Sripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sapir, S. Sos, M.Si.

 (11) Drs. H. A. Ali Wafa

 

Kata Kunci : Lingkungan keluarga, Sumber belajar, Prestasi belajar.

 

Prestasi belajar yang baik terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain adalah faktor lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah. Keluarga adalah tempat dan sumber pendidikan awal bagi seorang anak.Untuk itu keluarga harus ikut bertanggung jawab dalam membina dan memberikan perhatian agar siswa dapat memperoleh prestasi yang diinginkan.

            Faktor lain yang dapat mempengaruhi pretasi belajar siswa disamping lingkungan keluarga adalah ketersediaan sumber belajar di rumah . Dengan adanya ketersediaan sumber belajar di rumah sangat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa. Bagi siswa yang kurang atau tidak terpenuhi akan adanya ketersediaan sumber belajar di rumah, jika tidak mempunyai minat belajar yang tinggi akan mendapat hambatan dalam mencapai hasil belajar yang baik. Semakin lengkap alat-alat belajarnya, maka siswa akan bisa belajar dengan baik.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan kondisi lingkungan keluarga sebagai variabel X, Ketersediaan sumber belajar di rumah sebgai variabel X, dan prestasi belajar siswa sebagai variabel Y dalam bentuk perhitungan presentase. Metode regresi linier berganda digunakan untuk mementukan besarnya pengaruh lingkungan keluarga ( X) dan ketersediaan sumber belajar di rumah (X) terhadap prestasi belajar (Y) di SMAN 7 Malang. Populasi penelitian ini adalah siswa SMUN 7 Malang kelas X1 Tahun pelajaran 2007/2008 yang keseluruhannya berjumlah 126 siswa. Penentuan sampel dalam peneitian ini adalah secara random dengan teknik proportional random sampling, dengan hasil penjumlahan 36 % dari populasi yang ada pada tiap kelas. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini  ada dua macam yaitu angket dan dokumentasi data. Data angket diperoleh dari angket yang diisi oleh siswa, Sedangakan dokumentasi data yang berupa keterangan mengenai nilai raport dari arsip Tata usaha  SMAN 7 Malang.

            Penelitian dilakukan bulan November 2007. Lingkungan keluarga siswa SMAN 7 Malang berdasarkan pada penelitian siwa secara umum menunjukkan (37.78%) mendukung prestasi belajar siswa. Ketersediaan sumber belajar di rumah secara umum (40%) menunjukkan mendukung prestasi belajar siswa . Prestasi belajar siswa (44.44%) menunjukkan nilainya cukup.

Lingkungan keluarga secara parsial mempengaruhi prestasi belaja siswa di SMAN 7 Malang. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t= 3.333 > t= 2.018 dengan signifkasi 0.000 > 0.05. Ketersediaan sumber belajar di rumah secara parsial mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMAN 7 Malang. Hal ini dibuktikan dengan nilai t = 3.040 > t = 2.018 dengan signifkasi 0.000 > 0.05. Lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah secara simultan mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMAN 7 Malang. Hal ini dibuktikan dengan nilai t = 14.917= t= 3.219 dengan signifkasi 0.000 > 0.05. Besar R sguare adalah 0.387. Hal ini berarti prestasi belajar siswa (Y) dapat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga ( X) dan ketersediaan sumber belajar di rumah (X) sebesar 38.7% sedangkan sisanya 61.3% disebabkan oleh

faktor-faktor lain.

            Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada SMAN 7 Malang . Saran penelitian selanjutnya diharapkan meneliti faktor lain seperti faktor keadaan ekonomi keluarga atau pendapatan orang tua,  Sarana dan prasarana di lingkungan sekolah yang berpengaruh terhadap prestasi belajar sehingga hasilnya lebih reliabel dan dapat memperkuat teori dan penemuan yang ada sebelumnya.

 


Teks Penuh: DOC PDF