SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dampak Parkir Tepi Jalan Umum Dengan Sistem Parkir Berlangganan Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Probolinggo

Hanif Rahmad Wijaya

Abstrak


ABSTRAK

Hanif Rahmad Wijaya. 2007. Dampak Parkir Tepi Jalan Umum Dengan Sistem Parkir Berlangganan Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Probolinggo. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Umi Mintarti W., SE. MP. Ak. Pembimbing (II) Drs. Agung Haryono., SE. MP.

 

Kata Kunci: Parkir Tepi Jalan Umum, Sistem Berlangganan, Sosial Ekonomi Masyarakat

 

Peraturan Pemerintah Daerah Probolinggo no 13 Tahun 2005 yang menetapkan parkir di tepi jalan umum menjadi sistem berlangganan membawa dampak bagi juru parkir, masyarakat penggunan jasa parkir dan Dinas Perhubungan. Dengan diterapkannya parkir dengan sistem berlangganan maka diharapkan kesejahteraan juru parkir dapat meningkat dan juga peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui bidang parkir juga meningkat.

            Retribusi parkir sistem berlangganan adalah pembayaran retribusi parkir selama 1 (satu) tahun atas penggunaan tempat parkir umum yang ditetapkan oleh Kepala Daerah yang sistem pemungutannya bekerjasama dengan Pemerintah Propinsi Jawa Timur.   

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan dampak dari diterapkannya parkir tepi jalan umum dengan sistem parkir berlangganan terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat kota Probolinggo, Dapat menjabarkan pengaturan parkir  tepi jalan umum dengan sistem berlangganan yang telah diterapkan di kota Probolinggo, (2) Mendeskripsikan dampak parkir tepi jalan umum dengan sistem berlangganan terhadap sosial ekonomi juru parkir yang ada di kota Probolinggo, (3) Mendeskripsikan dampak parkir tepi jalan umum dengan sistem berlangganan terhadap sosial ekonomi  masyarakat pengguna jasa parkir dan pemerintah kota probolinggo

 Berdasarkan tujuan tersebut, maka jenis penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan adalah metode wawancara. Teknik yang digunakan dalam menggali informasi dari informan adalah snowball sampling yang mana menentukan informan pertama untuk mendapatkan data informan kedua dan seterusnya. Sample dari penelitian ini adalah pegawai Dinas Perhubungan Probolinggo dan beberapa juru parkir yang telah ditetapkan sebagai informan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 9 April sampai dengan 7 Mei 2007.       

Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara diperoleh data sebagai berikut: (I) Parkir tepi jalan umum dengan sistem berlangganan membuat Dinas Perhubungan lebih mudah di dalam mengatur perparkiran di Probolinggo, (II) Dengan sistem setoran tahunan didapati terdapat sedikit penurunan dalam pendapatan daerah untuk tahun pertama parkir berlangganan diberlakukan namun peningkatan pendapatan akan dicapai dengan semakin bertambahnya jumlah kendaraan bermotor di Kota Probolinggo, (III) Parkir berlangganan yang diterapkan dapat sedikit mengangkat kesejahteraan kehidupan sosial ekonomi juru parkir, (IV) Respon masyarakat terhadap parkir berlangganan menyambut positif dengan diubahnya sistem parkir, (V) Lapangan pekerjaan di bidang parkir sedikit mulai menunjukkan peningkatan sejalan dengan adanya gaji tetap dan tunjangan yang diberikan pemerintah daerah terhadap juru parkir.

        Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa ditetapkannya parkir tepi jalan umum dengan sistem parkir berlangganan dengan Peraturan daerah nomor 13 tahun 2005 oleh Pemerintah Daerah Probolinggo membawa dampak positif bagi juru parkir pada khususnya dan masyarakat Probolinggo pada umumnya. Dampak positif yang paling dirasakan adalah dengan adanya gaji tetap yang diberikan pemerintah terhadap juru parkir membawa dampak pada kesejahteraan juru parkir yang semakin baik. Oleh karena itu peneliti berharap kebijakan yang sudah ditetapkan merupakan langkah awal bagi pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan dan memperhatikan bidang parkir di kota Probolinggo.

 

 

 


Teks Penuh: DOC PDF