SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 MALANG

Ullya Yulistiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Yulistiana, Ullya. 2014.Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Malang. Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.Ec (2) Ro’ufah Inayati, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: Media pembelajaran, multimedia interaktif.

 

Perkembangan ICT (Information amd  Communication Technology) yang semakin pesat memungkinkan dikembangkannnya suatu media pembelajaran yang lebih mutakhir dan menarik. SMA Negeri 1 Malang telah memiliki sejumlah fasilitas yang mendukung pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer, namun selama ini belum diimbangi dengan pengembangan media pembelajaran yang maksimal. Guru lebih sering memakai media modul dan lembar kerja siswa (LKS) dalam menyampaikan materi. Media pembelajaran berbasis komputer yang sering digunakan adalah slideshow PowerPoint, yang dirasa siswa masih kurang menarik.

Kompetensi dasar mengenai mekanisme kerja bursa efek memperkenalkan siswa kepada alur perdagangan efek di bursa efek beserta pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Hal ini akan sulit untuk disampaikan kepada siswa jika hanya melalui tulisan atau lisan karena siswa belum memiliki pengalaman secara konkret berkaitan dengan bursa efek. Media pembelajaran ini dikembangkan untuk memberi visualisasi yang lebih jelas kepada siswa tentang mekanisme kerja bursa efek. Desain media pembelajaran yang menarik diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan juga mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran.

Pengembangan ini bertujuan untuk menyusun dan menghasilkan suatu media pembelajaran Ekonomi berbasis multimedia interaktif yang di dalamnya diintegrasikan beberapa unsur seperti video, gambar ilustrasi, teks, dan backsound untuk siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Malang dengan materi mekanisme kerja bursa efek. Pengembangan diawali dengan pengumpulan informasi, dilanjutkan dengan perencanaan, pengembangan produk, validasi ahli media dan ahli materi, revisi produk I, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan, dan revisi produk II. Produk akhir akan dikemas dalam bentuk CD (Compact Disk) dan juga diunggah ke dalam situs file hosting untuk memudahan siswa mengakses media pembelajaran.

Pengembangan media pembelajaran ekonomi berbasis multimedia interaktif ini menggunakan 7 langkah model pengembangan Borg and Gall. Berdasarkan hasil validasi ahli materi didapatkan hasil bahwa media pembelajaran ini sangat layak dengan presentase 86,92%. Ahli mediamenyatakan media pembelajaran ini sangat layak dengan presentase sebesar 100%. Sementara itu berdasarkan uji coba perorangan, siswa menyatakan media sangat menarik dengan presentase 92,17%. 5 siswa yang menjadi subjek uji coba kelompok kecil juga menyatakan media pembelajaran ini sangat menarik dengan presentase 91,83%. Uji coba lapangan yang dilakukan kepada 20 siswa juga menunjukkan hasil bahwa media pembelajaran ini sangat menarik dengan presentase 88,09%.

Berdasarkan hasil tersebut, disarankan bagi guru Ekonomi agar menggunakan media pembelajaran Ekonomi berbasis multimedia interaktif, khususnya dalam kompetensi dasar mekanisme kerja bursa efek. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan desain yang lebih mutakhir dan juga materi-materi lain yang sesuai untuk disajikan dengan media pembelajaran ini.