SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PENGETAHUAN EKONOMI (ECONOMIC LITERACY) PADA PERILAKU KONSUMSI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BULULAWANG KABUPATEN MALANG

Noviana Anggraini

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraini, Noviana. 2014. Penerapan Pengetahuan Ekonomi (Economic Literacy) Pada Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bululawang, Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Imam Mukhlis, S.E, M.Si. (2) Drs. H. Achmad Ali Wafa, M.Pd

 

Kata Kunci : Economic Literacy, Perilaku Konsumsi, Rasionalitas.

Seorang konsumen dalam melakukan tindakan konsumsi harus bersifat rasional karena manusia adalah makhluk homoeconomicus. Kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh siswa harus didasari dengan pengetahuan ekonomi yang diperoleh dari lembaga pendidikan. Pengetahuan ekonomi bisa dipelajari dalam mata pelajaran ekonomi yang diajarkan di sekolah. Melalui pembelajaran mata pelajaran ekonomi diharapkan siswa dapat memahami dengan baik, sehingga pengetahuan ekonomi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui fokus dari penelitian ini, maka peneliti marumuskan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana tingkat pengetahuan ekonomi siswa kelas X di SMA N 1 Bululawang. (2) Bagaimana penerapan pengetahuan ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X di SMA N 1 Bululawang.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pengetahuan ekonomi pada perilaku konsumsi siswa sehari-hari. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bululawang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dan dokumentasi nilai yang didapat dari sekolah yaitu nilai ulangan tengah semester dan ujian akhir semester. Penulis bertindak sebagai instrumen pengumpul data atau key instrumen. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa (1) tingkat pengetahuan ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Bululawang menunjukkan hasil yang cukup tinggi. (2) penerapan pengetahuan ekonomi pada perilaku konsumsi yaitu siswa belum menerapkan pengetahuan yang diperoleh dikarenakan kurangnya minat dan motivasi siswa.

Saran yang dapat diberikan kepada sekolah adalah hendaknya sekolah mengoptimalkan kualitas pembelajaran dan pemahaman pengetahuan ekonomi baik melalui pembelajaran ataupun kegiatan yang lain. Bagi guru hendaknya mempertahankan dan terus memperbaiki proses pembelajaran dan memberikan gambaran kepada siswa tentang pemahaman konsep dasar ekonomi serta aplikasinya sehingga dapat membentuk pribadi siswa yang lebih baik dalam melakukan tindakan ekonomi. Bagi peserta didik hendaknya menerapkan pengetahuan ekonomi ke dalam kehidupan sehari-hari.

Anggraini, Noviana. 2014. Penerapan Pengetahuan Ekonomi (Economic Literacy) Pada Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bululawang, Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Imam Mukhlis, S.E, M.Si. (2) Drs. H. Achmad Ali Wafa, M.Pd
Kata Kunci : Economic Literacy, Perilaku Konsumsi, Rasionalitas.
Seorang konsumen dalam melakukan tindakan konsumsi harus bersifat rasional karena manusia adalah makhluk homoeconomicus. Kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh siswa harus didasari dengan pengetahuan ekonomi yang diperoleh dari lembaga pendidikan. Pengetahuan ekonomi bisa dipelajari dalam mata pelajaran ekonomi yang diajarkan di sekolah. Melalui pembelajaran mata pelajaran ekonomi diharapkan siswa dapat memahami dengan baik, sehingga pengetahuan ekonomi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui fokus dari penelitian ini, maka peneliti marumuskan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana tingkat pengetahuan ekonomi siswa kelas X di SMA N 1 Bululawang. (2) Bagaimana penerapan pengetahuan ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X di SMA N 1 Bululawang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pengetahuan ekonomi pada perilaku konsumsi siswa sehari-hari. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bululawang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dan dokumentasi nilai yang didapat dari sekolah yaitu nilai ulangan tengah semester dan ujian akhir semester. Penulis bertindak sebagai instrumen pengumpul data atau key instrumen. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa (1) tingkat pengetahuan ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Bululawang menunjukkan hasil yang cukup tinggi. (2) penerapan pengetahuan ekonomi pada perilaku konsumsi yaitu siswa belum menerapkan pengetahuan yang diperoleh dikarenakan kurangnya minat dan motivasi siswa.
Saran yang dapat diberikan kepada sekolah adalah hendaknya sekolah mengoptimalkan kualitas pembelajaran dan pemahaman pengetahuan ekonomi baik melalui pembelajaran ataupun kegiatan yang lain. Bagi guru hendaknya mempertahankan dan terus memperbaiki proses pembelajaran dan memberikan gambaran kepada siswa tentang pemahaman konsep dasar ekonomi serta aplikasinya sehingga dapat membentuk pribadi siswa yang lebih baik dalam melakukan tindakan ekonomi. Bagi peserta didik hendaknya menerapkan pengetahuan ekonomi ke dalam kehidupan sehari-hari.