SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH DALAM MENGAMBIL PEMBIAYAAN DI BANK SYARIAH (Studi Kasus pada PT. BPR Syariah Bumi Rinjani Malang)

Olivia Ismalisa

Abstrak


ABSTRAK

 

Ismalisa, Olivia. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah dalam Mengambil Pembiayaan pada Bank Syariah (studi kasus pada PT. BPR Syariah Bumi Rinjani Malang). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hari Wahyono, M.Pd, (II) Drs. Prih Hardinto, M.Si.

 

Kata kunci: Kemudahan Sistem dan Prosedur Pembiayaan, Jangka Waktu Pembiayaan, Jumlah Angsuran, Kenyamanan Pelayanan, Lokasi, Semangat Religius.

 

Bank Syariah dalam operasionalnya berpedoman pada prinsip-pinsip syariah, di mana dalam prinsip syariah dilarang adanya transaksi yang berhubungan dengan bunga, karena dalam sistem bunga mengandung unsur pemaksaan kepada peminjam untuk membayar sejumlah uang yang telah ditetapkan sebelumnya. Oleh karena itu dengan pembiayaan syariah diharapkan akan mampu mewujudkan perekonomian yang adil dan merata bagi semua lapisan masyarakat terutama masyarakat ekonomi lemah, karena masyarakat inilah yang sering membutuhkan penyaluran dana untuk menambah modal dalam rangka meningkatkan usahanya.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik Depth Interview (Wawancara Mendalam) dan dokumentasi. Selanjutnya data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification.

Hasil dari penelitian ini bahwa faktor yang paling berpengaruh adalah faktor kemudahan sistem dan prosedur pembiayaan karena prosedur pembiayaan yang ada di BPR Syariah Bumi Rinjani mudah untuk dipenuhi, tetapi dari pihak bank juga akan melakukan surveing dan interview langsung dengan calon debitur atau kreditur yang akan mengambil pembiayaan. Selain itu ada faktor lain yang paling berpengaruh yaitu faktor kenyamanan pelayanan, petugas BPR Syariah Bumi Rinjani Malang dalam melayani nasabahnya sangat baik sekali. Nasabah senang sekali dengan keramahan petugas dalam melayani. Sedangkan faktor jangka waktu pembiayaan, faktor jumlah angsuran, faktor lokasi dan faktor semangat religius sebagai faktor pendukung nasabah dalam mengambil pembiayaan.

Berdasarkan  hasil penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa faktor kemudahan sistem dan prosedur pembiayaan dan faktor kenyamanan pelayanan yang paling mempengaruhi nasabah dalam mengambil pembiayaan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan kepada BPR Syariah Bumi Rinjani dalam melayani nasabah untuk pengambilan pembiayaan nantinya.