SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Deposito Berjangka dalam Rupiah pada Bank Umum di Indonesia Tahun 2003-2010

Maria Krisdayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Krisdayanti, Maria. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Deposito Berjangka dalam Rupiah pada Bank Umum di Indonesia Tahun 2003-2011. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing : (1) Bpk. Agus Sumanto, S.E., M.SA.  (2) Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M.

 

Kata kunci : Inflasi, Nilai Tukar Rupiah terhadap USD, Suku Bunga Rata-Rata Deposito Berjangka dalam Rupiah, PDB, IHSG, Jumlah Deposito Berjangka Rupiah.

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah deposito berjangka dalam Rupiah pada bank umum di Indonesia tahun 2003-2010. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah besarnya kebutuhan modal domestik untuk melaksanakan pembangunan ekonomi di Indonesia. Bank umum merupakan lembaga keuangan yang sangat besar peran dan jangkauannya di masyarakat. Peran bank umum dalam menyimpan dan menyalurkan dana masyarakat sangat efektif dalam pembangunan ekonomi negara, dengan deposito berjangka sebagai instrumen simpanan bank yang sangat besar jumlahnya dalam DPK bank.

Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan jumlah deposito berjangka dalam Rupiah pada bank umum di Indonesia sebagai variabel dependen, dan empat variabel independen yaitu tingkat inflasi, niali tukar Rupiah terhadap USD, tingkat suku bunga rata-rata deposito berjangka dalam Rupiah, PDB, dan IHSG.

Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa tingkat inflasi berpengaruh negatif signifikan terhadap jumlah deposito berjangka dalam Rupiah. Selain itu suku bunga rata-rata deposito berjangka Rupiah dan PDB berpengaruh positif signifikan terhadap jumlah deposito berjangka dalam Rupiah. Sedangkan nilai tukar Rupiah terhadap USD dan IHSG dalam penelitian ini tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah deposito berjangka dalam Rupiah. Di sisi lain, seluruh variabel independen dalam penelitian ini yaitu inflasi, nilai tukar Rupiah terhadap USD, suku bunga rata-rata deposito berjangka Rupiah, PDB, dan IHSG secara simultan berpengaruh signifikan terhadap jumlah deposito berjangka dalam Rupiah pada bank umum di Indonesia.