SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Masyarakat terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VII di SMP Taman Siswa Malang

Yusvina Laktanida Dwi Aisyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh oleh faktor eksternal, yaitu faktor lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat. Dilihat dari pengamatan sementara, faktor sekolah merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan waktu siswa di sekolah relatif banyak. Sedangkan di lingkungan keluarga, orang tua cenderung lebih sibuk sehingga komunikasi dengan siswa kurang baik. Di lingkungan masyarakat, siswa cenderung pasif, banyak siswa yang tidak pernah mengikuti kegiatan warga di sekitar tempat tinggalnya. Seharusnya ketiga lingkungan ini bisa saling mendukung agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VII di SMP Taman Siswa Malang.

Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari lingkungan sekolah (X1), lingkungan keluarga (X2), dan lingkungan masyarakat (X3). Sedangkan variabel terikatnya berupa hasil belajar (Y). Rancangan penelitian ini menggunakan deskripsi korelasional. Analisis deskripsi ini untuk mendeskripsikan X1, X2, X3, dan Y dalam perhitungan prosentase. Analisis linier berganda digunakan untuk menentukan besarnya X1, X2, dan X3 terhadap Y pada kelas VII di SMP Taman Siswa Malang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 142 siswa dengan sampel yang berjumlah 105 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan menggunakan instrument penelitian data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa nilai rata-rata ulangan harian I dan II ekonomi kelas VII semester genap tahun ajaran 2012/2013.

Hasil penelitian di SMP Taman Siswa Malang menunjukkan bahwa dari analisis diketahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar memiliki nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan thitung sebesar 4.937 > 1.98 yang merupakan ttabel dengan pengaruh sebesar 36.30% terhadap hasil belajar, lingkungan sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan. Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar memiliki nilai signifikansi sebesar 0.038 < 0.05 dan thitung sebesar 2.101 > 1.98 yang merupakan ttabel dengan pengaruh sebesar 12.70% terhadap hasil belajar, lingkungan keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan. Pengaruh lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar memiliki nilai signifikansi sebesar 0.037 < 0.05 dan thitung sebesar 2.113 > 1.98 yang merupakan ttabel dengan pengaruh sebesar 14.10% terhadap hasil belajar, lingkungan masyarakat berpengaruh secara positif dan signifikan. Hasil analisis secara simultan antara lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0.000 dengan nilai F sebesar 57.462, lebih besar dari Ftabel yang bernilai 2.14, ketiga lingkungan ini berpengaruh sebesar 63.10% terhadap hasil belajar.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan, baik secara parsial maupun simultan antara lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan (1) Diharapkan bagi guru lebih memperhatikan kegiatan siswa dalam belajar dan lebih sering memberikan variasi dalam belajar (2) Diharapkan bagi orang tua lebih memperhatikan anaknya, terutama dalam hal belajar meskipun orang tua memiliki kesibukan (3) Diharapkan bagi masyarakat dapat menciptakan kondisi lingkungan yang baik dan kondusif (4) Diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat menggali dan meneliti lebih dalam faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar.