SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

Fiva - Fajarina

Abstrak


Fajarina, Fiva. 2009. Pengaruh Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar Ekonomi terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Prih Hardinto, M.Si. (II) Farida Rahmawati, S.E, M.E.

Kata Kunci: Internet, sumber belajar ekonomi, prestasi belajar ekonomi.

Belajar merupakan suatu kekuatan atau sumberdaya yang tumbuh dari dalam diri seseorang atau individu. Hamalik (2001:37) menyatakan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan. Di dalam interaksi inilah terjadi serangkaian pengalaman belajar. Untuk mendukung proses pembelajaran, dalam dunia pendidikan telah dikembangkan berbagai media, metode dan materi pendidikan yang semakin interaktif dan bervariasi. Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Sumber belajar yang dikembangkan saat ini telah memanfaatkan kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satunya yaitu pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung sebagai salah satu SMA favorit di Tulungagung akan melaksanakan program rintisan Sekolah Nasional Berstandar Internasional pada tahun ajaran 2009/2010 sehingga pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia harus dilaksanakan secara optimal. Internet sangat dibutuhkan dalam pembelajaran ekonomi karena bidang ekonomi merupakan bidang yang paling mudah berubah kondisinya dan mudah terpengaruh oleh bidang-bidang lain sehingga akses internet sangat diperlukan dalam pembelajaran ekonomi agar siswa memperoleh informasi ekonomi yang up to date. Dari penjelasan tersebut maka diambil rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana pemanfaatan internet sebagai sumber belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung?, (2) Bagaimana prestasi belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung?, (3) Bagaimana pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung? Dimana tujuan dari rumusan masalah tersebut adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui peran internet sebagai sumber belajar ekonomi bagi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung, (2) untuk mengetahui tingkat prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung, dan (3) pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Variabel dalam penelitian ini meliputi pemanfaatan internet sebagai sumber belajar ekonomi (X), dan prestasi belajar ekonomi siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 386 siswa dan tersebar menjadi 10 kelas. Karena besarnya jumlah populasi maka dalam penelitian diambil sampel masing-masing kelas 25% sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi.

Dari pengolahan data dapat diketahui bahwa pemanfaatan internet sebagai sumber belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung dari 99 siswa yang diteliti 18 (18,18%) siswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ekonomi dalam kategori baik dan 81 (81,81%) siswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ekonomi dalam kategori cukup baik. Sedangkan tingkat prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Boyolangu Tulungagung diketahui dari 99 siswa yang diteliti 37 siswa (37,37%) memiliki prestasi belajar yang baik dan  62 siswa (62,63%) memiliki prestasi yang cukup baik. Sedangkan dari pengolahan data melalui uji t diketahui nilai thitung (1,288)