SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI SISWA KELAS XII IPS MEMILIH JUTRUSAN KEPENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Firman Syah

Abstrak


ABSTRAK

Syah, Firman. 2009. Faktor-Faktor Internal yang Mempengaruhi Siswa Kelas XII IPS Dalam Memilih Jurusan Kependidikan Ekonomi di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, 

Universitas Negeri Malang.  Pembimbing : (1) Dr. Bambang Pranowo, S. E., M. Pd., Ak. (II) Drs. Mardono, M. Si

Kata Kunci : Minat, Motivasi, Pemilihan Jurusan

Dengan berkembangnya IPTEK yang semakin pesat dewasa ini menuntut dunia pendidikan harus terampil dan kreatif dalam meningkatkan kemampuannya untuk menghasilkan mutu pendidikan yang berkualitas. Untuk mencapai kualitas pendidikan tersebut seyogyanya perlu langkah-langkah konkrit yang dapat mempermudah seseorang belajar diberbagai tempat tingkat atau jenjang pendidikan. Pendidikan dapat dijadikan sebagai alat untuk mengatasi krisis multidimensi yang tengah melanda bangsa Indonesia saat ini. Jadi salah satu cara untuk meningkatkan, mengembangkan manusia adalah melalui pendidikan. Untuk memasuki era globalisasi maka diperlukan sumber daya manusia yang handal, berpendidikan , berwawasan luas, mempunyai ketrampilan yang memadai, serta iman dan taqwa yang tangguh.

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Malang, sebagai salah satu universitas yang memberi keleluasaan bagi calon mahasiswa untuk memilih sarjana sains atau sarjana pendidikan (calon guru). UM memiliki beberapa fakultas dan jurusan dan salah satunya adalah fakultas ekonomi yang merupakan fakultas termuda di UM. Fakultas ekonomi memiliki beberapa jurusan dan program studi yang banyak diminati oleh calon mahasiswa salah satunya program studi kependidikan. Banyak faktor yang mempengaruhi alasan mahasiswa memilih program studi ini, faktor yang paling mendasar adalah faktor internal mahasiswa yang meliputi faktor minat dan faktor motivasi terhadap pemilihan program studi kependidikan ekonomi fakultas ekonomi di Universitas Negeri Malang.       

Berdasar rumusan yang ada, maka dapat dikemukakan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui :. (1) pengaruh minat terhadap pemilihan jurusan kependidikan ekonomi UM. (2)  pengaruh motivasi terhadap pemilihan jurusan kependidikan ekonomi. (3) pengaruh minat, motivasi secara simultan terhadap pemilihan jurusan kependidikan ekonomi pembangunan. (4) faktor yang berpengaruh dominan terhadap pemilihan jurusan kependidikan ekonomi.

Dalam pengumpulan datanya, penelitian ini menggunakan metode angket atau kuisioner. Populasinya adalah siswa kelas XII SMA Wahid Hasyim Malang. Dalam penelitian ini digunakan penelitian populasi sebanyak 122 siswa. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pada hasil penelitian, peneliti menggunakan analisis regresi berganda (multiple regression).

Dari hasil pengolahan data atau analisis data dapat diketahui : (1) faktor minat berpengaruh terhadap pemilihan jurusan kependidikan ekonomi UM, (2) faktor motivasi berpengaruh terhadap pemilihan jurusan kependidikan ekonomi UM, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor  minat dan motivasi dalam pemilihan jurusan kependidikan ekonomi UM sebesar 43, 3%, (4) faktor minat adalah faktor yang dominan mempengaruhi pemilihan jurusan kependidikan ekonomi UM.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor minat merupakan faktor dominan yang mempengaruhi pemilihan jurusan kependidikan ekonomi pembangunan, serta adanya pengaruh yang signifikan dari faktor motivasi dalam pemilihan jurusan kependidikan ekonomi UM. Oleh karena itu peneliti dapat memberikan saran pada fakultas ekonomi dengan memberikan sosialisasi kepada siswa kelas XII IPS untuk lebih memperkenalkan jurusan kependidikan ekonomi.