SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor Penyebab Masalah Hubungan Sosial Dan Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Meishinta Dwi Nurmala Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Meishinta Dwi Nurmala. 2012. Faktor-Faktor Penyebab Masalah Dalam Hubungan Sosial Dan Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Kasus Di Kelas VII SMP Negeri 4 Malang). Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Dr. Agung Haryono, S.E.,M.P.,Ak (II) Ro’ufah Inayati, M.Pd

 

Kata Kunci : Masalah hubungan sosial, faktor internal kesulitan  belajar, faktor eksternal kesulitan belajar.

 

Latar belakang penelitian ini berdasarkan fakta yang terjadi di SMP Negeri 4 Malang yaitu terdapat siswa-siswi yang kurang bisa beradaptasi dengan lingkungannya atau memiliki masalah dalam hubungan sosialnya yang secara tidak langsung berdampak pada proses dan hasil belajarnya. Selain itu hasil belajar yang diperoleh kurang memenuhi standar SKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran ekonomi yaitu 75.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab masalah hubungan sosial dan kesulitan belajar.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif  dan termasuk jenis penelitian studi kasus. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Malang. Informan terdiri dari 3 siswa dari kelas VII, satu guru BK, dan satu guru mata pelajaran ekonomi.

Hasil temuan di lapangan menunjukkan faktor penyebab masalah hubungan sosial meliputi kesalahpahaman antar sesama teman, adanya kelompok besar yang menguasai kelas, masalah di dalam keluarga, dan kurangnya perhatian dan bimbingan orang tua. Masalah sosial juga saling terkait dengan masalah kesulitan belajar yang dialami siswa. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya perhatian siswa pada saat mata pelajaran ekonomi, kurangnya minat siswa pada mata pelajaran ekonomi, rendahnya motivasi pada saat mengikuti pelajaran ekonomi, dan kesiapan belajar yang kurang pada saat menerima materi. Sedangkan faktor eksternalnya meliputi metode mengajar yang digunakan guru kurang variatif, cara mendidik orang tua, relasi antar anggota keluarga, keadaan ekonomi yang kurang, relasi guru dan siswa yang kurang erat, alat pelajaran yang kurang memadai, dan tidak adanya pengawasan orang tua dalam penggunaan teknologi.