SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap Keberhasilan Belajar (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS I SMA Negeri I Gondanglegi)

Ekkie Kartikasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Kartikasari, Ekkie. 2005. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Ketersediaan Sumber Belajar di Rumah terhadap Keberhasilan Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS I SMA Negeri I Gondanglegi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Dan Koperasi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E, (II) Drs. Ir. Yohanes Hadi Susila S.Th, M.Div, M.E

 

Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Ketersediaan Sumber belajar, Keberhasilan belajar.

 

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan studi siswa, diantaranya adalah keadaan lingkungan keluarga. Sifat dan kebiasaan orang tua, dan ketersediaan sumber belejar. Untuk belajar di rumah, ketersediaan sumber belajar sangat membantu dan mutlak dibutuhkan, semakin lengkap alat-alat belajar, siswa semakin bisa belajar dengan baik.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) kondisi lingkungan keluarga siswa (2) Kondisi ketersediaan sumber belajar di rumah siswa (3) prestasi belajar siswa (4) Pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap keberhasilan belajar siswa. Rancangan penelitian  yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Analisis Deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan kondisi lingkungan keluarga sebagai variabel X1, kondisi ketersediaan sumber belajar di rumah sebagai variabel X2, dan keberhasilan belajar siswa sebagai variabel Y dalam bentuk perhitungan persentase. Metode regresi linier berganda digunakan untuk menentukan besarnya pengaruh lingkungan keluarga (X1), dan ketersediaan sumber belajar di rumah (X2) terhadap keberhasilan belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri I Gondanglegi kelas XI IPS I semester ganjil tahun ajaran 2008/2009  berjumlah 35 siswa. Penentuan sampel dengan cara purposive random sampling sehingga sampel berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Mei.

Penelitian dilakukan mulai bulan April sampai Mei. Lingkungan keluarga siswa SMA Negeri I Gondanglegi berdasarkan pada penilaian siswa secara umum (60%) menunjukkan lingkungan keluarga yang kurang mendukung keberhasilan belajar siswa. Ketersediaan sumber belajar di rumah secara umum (57,15%atau 57%) menunjukkan kondisi yang kurang mendukung keberhasilan belajar siswa. Keberhasilan belajar siswa SMA Negeri I Gondanglegi secara umum (54,28% atau 54%) menunjukan keadaan yang cukup tinggi. Berdasarkan pada hasil data yang telah diolah dapat diketahui signifikansi regresi linier berganda adalah 0.000 lebih kecil 0,05 dengan demikian, dapat dikatakan bahwa lingkungan keluarga (X1) dan ketersediaan sumber belajar (X2) memiliki pengaruh secara simultan terhadap keberhasilan belajar siswa. Besar Adjusted R square adalah 0,024. Hal ini berarti 2,4% perubahan variabel Y disebabkan oleh perubahan variabel X1, X2, sedangkan sisanya sebesar 97,6% disebabkan oleh faktor di luar perubahan variabel X1, X2.  

Dari hasil penelitian ini penulis mengharapkan kepada pihak sekolah agar lebih meningkatkan komunikasi dan selalu menjaga hubungan yang baik dengan orang tua siswa, karena antara pihak sekolah dan orang tua memiliki keterkaitan yang erat dengan keberhasilan belajar siswa. Orang tua siswa diharapkan untuk lebih memperhatikan perkembangan belajar dan juga kebutuhan belajar putra-putrinya.