SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Motivasi dan Prestasi Siswa SMPN 21 Malang Mata Pelajaran Ekonomi

Endang Eka Winarsih

Abstrak


Winarsih, Endang Eka. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Students Teams Achievement Divison (STAD) Terhadap Peningkatan Motivasi dan Prestasi Siswa Kelas VIIIB SMPN 21 Malang Mata Pelajaran Ekonomi . Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si , (2) Dr. Hadi Sumarsono, ST, M. Si

 

Kata-kata kunci: STAD, Pembelajaran Kooperatif. Motivasi, Prestasi Belajar.

 

Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa Motivasi siswa di kelas 

VIIIB  SMPN 21 Malang masih kurang. Prestasi siswa dalam kelas banyak yang belum memenuhi standar minimum (SKM) yaitu 70 ke atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIIIB  SMPN 21 Malang. Upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dilakukan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam 2 siklus dalam 4 kali pertemuan melalui 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB  SMPN 21 Malang yang berjumlah 40 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan tes pada awal dan akhir setiap siklus. Data motivasi dan prestasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian yang diperoleh dari skor motivasi siswa pada tahap siklus I motivasi siswa kelas VIII B dalam mengikuti pelajaran ekonomi yakni 2,9 % angka ini masuk dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus II motivasi siswa yang diperoleh yakni sebesar 3,7 % termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa setelah dikenakannya pembelajaran kooperatif model STAD meningkat sebesar 0,8 dari kategori cukup menjadi kategori baik. 

Prestasi belajar siswa kelas VIIIB  SMPN 21 Malang jumlah siswa yang tuntas belajar pada pre test jumlah siswa yang tuntas belajar pada pre test siklus 1 sebanyak 8 siswa (20%) dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 32 siswa (80%). Sedangkan jumlah siswa yang tuntas belajar pada post test siklus I sebanyak 25 orang (62,5%) dan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 15 orang (37,5%). Pada siklus II siswa yang dikatakan tuntas belajar meningkat sebanyak 27 siswa (67,5%) dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 13 siswa (22,5%). Dan pada post test siklus II, siswa yang mendapatkan ketuntasan belajar sebanyak 38 siswa(95%) dan jumlah siswa yang belum tuntas 2 siswa (5%). Berdasarkan deskripsi data yang telah diuraikan, dapat diketahui bahwa prestasi belajar siswa ditinjau dari nilai post test dari siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 27,5%.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD  dapat  meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIIIB  SMPN 21 Malang pada mata pelajaran ekonomi. Saran-saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagi guru mata pelajaran ekonomi mulai menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD  dan mengembangkannya pada materi yang lain dan diharapkan dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model Student Achievement Division (STAD) menggunakan variasi permainan sehingga siswa lebih termotivasi dalam kegiatan pembelajaran.