SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektifitas Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN I Karangan Trenggalek Tahun Pelajaran 2008/2009

Rizal Septa Dwi Raharjo

Abstrak


ABSTRAK

 

Raharjo, Rizal Septa Dwi. 2009. Efektifitas Pembelajaran Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Karangan Trenggalek Pada Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi Koperasi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negari Malang. Pembimbing (1) Drs. Hari Wahyono, M.Pd (2) Agus Sumanto, SE, M.Sa

 

Kata Kunci: Modul, Metode Problem Solving, Hasil Belajar

 

Perubahan dan perkembangan di berbagai bidang dalam kehidupan selalu terjadi dari masa ke masa, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat perlu diimbangi dengan pembaharuan di bidang-bidang yang lain termasuk pendidikan. Pendidikan berperan penting dalam usaha pembentukan generasi penerus dan menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas sehingga dapat bersaing secara global. Dalam proses belajar di sekolah, pemilihan dan penggunaan strategi atau model pembelajaran yang tepat, juga menjadi suatu bagian terpenting bagi keberhasilan proses penyampaian ide-ide pembelajaran dari guru kepada siswanya. Salah satu usaha yang bisa dipakai guru untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan menggunakan pendekatan strategi pembelajaran berbasis modul. 

Modul adalah suatu proses pembelajaran mengenai suatu bahasan tertentu yang disusun secara sistematis, operasional, dan terarah untuk digunakan oleh peserta didik, disertai dengan pedoman penggunaan untuk para guru. Pembelajaran modul termasuk salah satu sistem pembelajaran individual, karena belajar dengan modul menuntut siswa untuk belajar mandiri. Modul disini digunakan oleh peneliti sebagai kelas eksperimen untuk penelitian

 Pembelajaran Problem Solving adalah cara penyajian bahan pelajaran dengan menjadikan masalah sebagai titik tolak pembahasan untuk dianalisis dan disintesis dalam usaha mencari pemecahan/jawaban oleh siswa. Problem solving disini digunakan oleh peneliti sebagai pembanding metode modul atau sebagai kelas kontrol untuk penelitian

Penelitian di SMAN 1 Karangan bertujuan sebagai berikut: (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Karangan Trenggalek Tahun pelajaran 2008/2009 setelah melalui pembelajaran modul, (2) mengetahui efektifitas pembelajaran modul untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Karangan Trenggalek Tahun pelajaran 2008/2009.

Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperiment atau eksperimental semu. Rancangan penelitian ini adalah Eksperimen Kuasi (Quasi Experimenal desing) dengan desain kelompok kontrol tidak ekuivalen (Non equivalent Control). Populasi yang dipakai kelas X SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek sedangkan sampelnya kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan X-E sebagai kelas kontrol yang berjumlah 80 siswa. Analisis penelitian yang dipakai adalah uji beda dua rata-rata atau t-test.

Meningkatnya hasil belajar siswa dapat diketahui dari ketuntasan belajar dan dari hasil kemampuan akhir siswa atau post-test pada mata pelajaran ekonomi sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Dengan menggunakan pembelajaran modul ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terbukti dengan gain score pembelajaran dengan modul lebih efektif karena hasil (gain) pembelajaran modul lebih besar (76,25) dari pada metode problem solving (71). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif pembelajaran modul dan Problem Solving terhadap hasil belajar dan respon siswa terhadap mata pelajaran ekonomi pokok bahasan permintaan dan penawaran uang. Karena dilihat dari hasil akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, semuanya rata-rata hasilnya tuntas menurut standar nilai dari SMA Negeri I Karangan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru menerapkan metode pembelajaran dengan menggunakan modul karena sebagai alternatif pilihan pembelajaran di kelas meningkatkan hasil belajar siswa. Tidak hanya pada mata pelajaran ekonomi saja hendaknya dapat diterapkan pada bidang studi-bidang studi yang lainnya.