SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI MASYARAKAT MEMELIHARA LINGKUNGAN PERKOTAAN DI KOTA PROBOLINGGO (Studi Kasus Kelurahan Sukabumi Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo)

HENGKY FIRMAN SYAAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Syaah, Hengky firman. 2012. Analisis Faktor-Faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat Memelihara Lingkungan Perkotaan di Kota Probolinggo (Studi Kasus Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hari Wahyono, M.Pd (2) Drs. Mardono, M.si

 

Kata Kunci: Pendididkan, Pekerjaan, Pendapatan, Partisipasi Masyarakat

Dalam pembangunan perkotaan, lingkungan perkotaan memiliki kekuatan yang sangat besar terhadap terciptanya kota yang sehat. Untuk menciptakan lingkungan perkotaan yang sehat perlu adanya partisipasi dari masyarakat itu sendiri. Dilihat dari segi sosial ekonomi terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi dari partisipasi masyarakat memelihara lingkungan perkotaan, antara lain yaitu pendidikan, pekerjaan dan pendapatan. Dari ketiga faktor tersebut sangatlah berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat memelihara lingkungan perkotaan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor sosial ekonomi mana yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap partisipasi masyarakat memelihara lingkungan perkotaan. Analisis data penelitian yang dipakai adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji F dalam menguji hipotesisnya. Data penelitian diperoleh dengan memberikan kuesioner kepada 280 responden yang merupakan warga masyarakat Kelurahan Sukabumi Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.

Penelitian ini menggunakan empat variabel, yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas terdiri dari pendidikan (X1), pekerjaan (X2), pendapatan (X3). Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah partisipasi masyarakat.

Dari hasil penelitian dapat diketahui secara parsial faktor pendidikan faktor pekerjaan dan faktor pendapatan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi masyarakat. Secara simultan faktor pendidikan, pekerjaan dan pendapatan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi masyarakat memelihara lingkungan perkotaan. Kesimpulan ini diperoleh dari hasil yang ditunjukkan melalui hasil analisis data menggunakan SPSS 17.0. kesimpulan lain yang dapat diambil adalah pendidikan, pekerjaan dan pendapatan memiliki pengaruh sebesar 0,503 atau 50,3% terhadap partisipasi masyarakat sedangkan sisanya sebesar 49,7% dipengaruhi oleh faktor lain.