SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Kolaborasi Model Talking Stick dengan Word Square Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X.2 SMA Islam Al-Ma’arif Singosari Semester Genap Tahun 2011/2012

Hana Athia Akhzalini

Abstrak


ABSTRAK

 

Akhzalini, Hana Athia. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi Talking Stick dengan Word Square  Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X.2 SMA Islam Al-Ma’arif Singosari. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Prih Hardinto, M.Si (II) Drs. H. Sapir, S. Sos., M. Si.

 

Kata Kunci: Talking Stick, Word Square, Motivasi, Hasil Belajar

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Peran guru dalam proses pembelajaran sangat penting. Untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal dibutuhkan guru yang kreatif dan inovatif yang selalu mempunyai keinginan terus menerus untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu proses belajar mengajar di kelas. Dengan peningkatan mutu pembelajaran di kelas, mutu pendidikan dapat ditingkatkan.  Salah satu upaya tersebut adalah dengan menerapkan variasi-variasi model pembelajaran di kelas. Pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas dalam proses pembelajaran. Dari masalah yang muncul diatas maka perlu adanya suatu metode pembelajaran yang efektif yang lebih banyak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran Kolaborasi Model Talking Stick dengan Word Square , dengan menerapkan pemebelajaran tersebut siswa diharapkan siswa akan termotivasi belajar dan mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana penerapan model pembelajaran kolaborasi Talking Stick dengan Word Square pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X.2 SMA Islam Al Ma’arif Singosari, (2) apakah penerapan model pembelajaran kolaborasi Talking Stick dengan Word Square dapat meningkatkan motivasi pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X.2 SMA Islam Al Ma’arif Singosari, (3) apakah penerapan model pembelajaran kolaborasi Talking Stick dengan Word Square dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X.2 SMA Islam Al Ma’arif Singosari. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif  sedangkan jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, catatan lapangan, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kolaborasi Talking Stick dengan Word Square dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, siswa yang termotivasi dalam belajar menunjukkan ketekunan, minat, dan perhatian dalam belajar. Peningkatan motivasi belajar diikuti juga dengan peningkatan hasil belajar siswa. Adanya penerapan kolaborasi model Talking Stick dengan Word Square siswa menjadi antusias dalam proses pembelajaran.

Saran yang dapat diberikan bagi guru hendaknya menerapkan kolaborasi model Talking Stick dengan Word Square sebagai alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain yang tertarik untuk memperbaiki atau melanjutkan penelitian ini diharapkan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan pembelajaran dengan model yang sama pada mata pelajaran yang sama/beda namun pada lokasi yang berbeda, disarankan agar mempunyai persiapan yang baik dan hendaknya melakukan lebih dari dua siklus.