SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH TINGKAT INTELEGENSI (IQ) DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TAHUN AJARAN 2011/2012 DI SMA NEGERI 02 BATU

Dwi Ayu Devita

Abstrak


ABSTRAK

 

Ayu, Dwi. 2012. Pengaruh Tingkat Intelegensi (IQ) dan Status Sosial Ekonomi Orang tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 02 Batu. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prih Hardinto, M.Si (2) Dr. Dwi Wulandari, S.E, M.M

 

Kata Kunci: IQ, Status Sosial Ekonomi Orang Tua (SSE), Prestasi belajar

Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yang ada pada diri siswa. Faktor internal meliputi tingkat kecerdasan (IQ), bakat, minat, kesehatan serta motivasi siswa dalam menerima pelajaran. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan keluarga dan lingkungan belajar siswa baik disekolah maupun diluar sekolah. Adapun faktor internal dan eksternal yang diteliti dalam penelitian ini adalah tingkat intelegensi (IQ) dan status sosial ekonomi keluarga.

Tingkat intelegensi itu sendiri adalah kecakapan berpikir, mengamati dan mengerti, mengamati hubungan-hubungan serta perbedaan-perbedaan dan sebagainya. Tingkat intelegensi mempunyai pengaruh yang besar terhadap prestasi belajar siswa disekolah. Dengan tingkat intelegensi tersebut, siswa dapat menerima pelajaran lebih baik karena kemampuan yang dimilikinya. Tingkat intelegensi berbeda antara seseorang dengan orang yang lainnya, maka dari itu terdapat perbedaan pula bagi seseorang siswa untuk mengerti dan memahami materi yang disampaikan oleh guru didalam kelas.

Sedangkan status sosial ekonomi orang tua itu sendiri merupakan status yang melekat pada diri orang tua siswa. Status sosial ekonomi orang tua ini meliputi tingkat pendidikan, jenis pekerjaan orang tua siswa, aktivitas sosial yang dilakukan orang tua di lingkungan masyarakat. Dengan status orang tua yang baik dalam segi ekonomi diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan anaknya khususnya dalam bidang pendidikan. Hipotesis yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tingkat intelegensi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 02 Batu, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 02 Batu, dan (3) terdapat pengaruh secara simultan yang positif dan signifikan antara tingkat intelegensi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 02 Batu.

Asumsi dalam penelitian ini adalah (1) tingkat intelegensi siswa berbeda-beda, (2) status sosial ekonomi orang tua tidak sama, (3) semua responden dianggap menjawab seluruh item pertanyaan dengan jujur sesuai dengan pendapatnya, dan (4) faktor-faktor diluar variabel independen tidak berpengaruh terhadap variabel dependen.

Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 02 Batu tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 113 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi, dengan teknik analisis regresi berganda. Variabel penelitian antara lain: tingkat intelegensi (X1), status sosial ekonomi orang tua (X2) dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, dokumentasi dan wawancara.

Berdasarkan hasil penelitian di SMA Negeri 02 Batu menunjukkan secara parsial tingkat intelegensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai sig. t sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung  sebesar 5,572, analisis pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan sig. t  0.002 < 0,05 dan t hitung  sebesar 3,096. Sedangkan secara simultan pengaruh tingkat intelegensi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan sig F 0,000 < 0,05 dan F hitung  sebesar 29,766. Selain itu dari hasil analisis regresi diketahui nilai R Square adalah 0,351, hal ini berarti bahwa tingkat intelegensi dan status sosial ekonomi orang tua memberikan kontribusi sebesar 35,1% terhadap hasil belajar siswa (Y) sedangkan sisanya sebesar 64,9% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa baik secara parsial mupun simultan tingkat intelegensi dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 02 Batu.  Saran yang dapat diajukan dari hasil penelitian ini (1) Bagi sekolah diharapkan sekolah dapat memperbaiki situasi belajar yang ada disekolah. (2) Guru mata pelajaran ekonomi diharapkan mampu memberikan pengalaman yang nyata bagi siswa untuk mempraktekkan kegiatan ekonominya dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa selain cerdas dalam pelajaran ekonomi juga cerdas dalam kegiatan ekonomi dan mampu mengatur pengeluarannya sendiri. (3) Bagi siswa lebih memotivasi diri untuk memaksimalkan potensi yang ada pada diri sendiri dengan bekal kecerdasan yang cukup serta dukungan ekonomi yang diberikan orang tua. Lebih mampu mengatur keadaan ekonomi sehingga keuangan yang diberikan oleh orang tua dapat dimaksimalkan guna meningkatkan prestasi belajar baik disekolah maupun diluar sekolah. (4) Bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian dengan memperhatikan faktor-faktor lain di luar penelitian yang telah dilakukan.