SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Internet dan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar Ekonomi terhadap Hasil Belajar (Raport Sisipan) Siswa Kelas XI Jurusan IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Gondanglegi Kab. Malang Tahun Ajaran 2011/2012

Utami .

Abstrak


ABSTRAK

Utami. 2012. Pengaruh Penggunaan Internet dan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar Ekonomi terhadap Hasil Belajar (Raport Sisipan) Siswa Kelas XI Jurusan IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Gondanglegi Kab. Malang Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Agung Haryono, S.E, M.P., (2) Drs. Prih Hardinto, M.Si


Kata Kunci : penggunaan internet, penggunaan perpustakaan, hasil belajar siswa


Adanya fasilitas jaringan internet dan perpustakaan yang disediakan sekolah akan memudahkan siswa dalam belajar. Siswa dapat memperoleh informasi yang dapat menunjang kegiatan belajar melalui akses internet dan buku-buku yang ada di perpustakaan. Keberadaan jaringan internet dan perpustakaan yang disediakan sekolah merupakan sumber bahan rujukan, sumber belajar, serta sumber informasi yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan kemudahan akses informasi ini siswa dapat mencari tambahan materi-materi pelajaran yang sudah diberikan guru di sekolah. Hal ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan siswa sehingga dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet dan perpustakaan sebagai sumber belajar ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Gondanglegi. Jenis penelitian ini adalah  penelitian eksplanasi (explanatory research) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel penggunaan internet sebagai sumber belajar siswa (X1), penggunaan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa (X2) dan hasil belajar (Y). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 1 Gondanglegi jumlah populasi 125 siswa dan diambil sampel sebanyak 55 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling yang didasarkan pada perhitungan rumus.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner tertutup untuk variabel penggunaan internet sebagai sumber belajar ekonomi dan penggunaan perpustakaan sebagai sumber belajar ekonomi, sedangkan untuk variabel hasil belajar adalah dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil penelitian di SMA Negeri 1 Gondanglegi menunjukkan secara parsial penggunaan internet sebagai sumber belajar ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan perpustakaan sebagai sumber belajar ekonomi terhadap hasil belajar siswa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan secara simultan pengaruh penggunaan internet dan perpustakaan sebagai sumber belajar ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Selain itu dari analisis Rsquare adalah 0,587, hal ini berarti 58,7% perubahan variabel Y disebabkan perubahan X1 dan X2.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh positif penggunaan internet sebagai sumber belajar ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Gondanglegi. (2) Ada pengaruh positif penggunaan perpustakaan sebagai sumber belajar ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Gondanglegi. (3) Ada pengaruh positif yang signifikan secara simultan penggunaan internet sebagai sumber belajar ekonomi (X1) dan penggunaan perpustakaan sebagai sumber belajar ekonomi (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y).

Saran yang diajukan adalah (1) Guru hendaknya mengarahkan siswa untuk menggunakan internet dan perpustakaan sebagai sumber belajar ekonomi karena penggunaan internet dan perpustakaan sebagai sumber belajar ekonomi dapat mempengaruhi hasil belajar. (2) Fasilitas perpustakaan dan jaringan internet di SMA Negeri 1 Gondanglegi telah kondusif dalam mendorong siswa mencapai hasil belajar yang maksimal. Hal yang sangat penting dan perlu ditingkatkan adalah penggunaan atau pemanfaatan fasilitas belajar tersebut bagi siswa dan guru. (3) Diharapkan peneliti selanjutnya dapat meningkatkan kualitas penelitian khususnya yang berkaitan dengan “penggunaan internet dan perpustakaan sebagai sumber belajar ekonomi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi”.