SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VII (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Batu)

Windi Soraya Setiawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawati, Windi Soraya.2012. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VII  (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Batu).Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi  Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Agung Haryono, S.E., M.P., Ak (II) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th., M.Div., M.E

 

Kata Kunci : faktor internal penyebab kesulitan belajar , faktor eksternal penyebab kesulitan belajar

Keberhasilan belajar siswa bisa diukur menggunakan standar ketuntasan minimal (SKM) yang ditetapkan oleh sekolah. Standar SKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 1 Batu adalah 80 untuk kelas RSBI, 76 untuk kelas SSN dan 70 untuk Olah Raga. Atas dasar ketentuan ini diharapkan siswa dapat mencapai hasil optimal untuk semua mata pelajaran. Namun pada kenyataannya menurut hasil observasi yang diperoleh, prestasi belajar mata pelajaran ekonomi yang dicapai oleh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Batu kurang optimal.

Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah:  Apa faktor internal penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Batu dalam mata pelajaran ekonomi dan Apa faktor eksternal penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Batu dalam mata pelajaran ekonomi.

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus karena penelitian ini dibatasi oleh tempat dan waktu. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Batu. Responden terdiri dari 3 siswa, satu guru BK, satu guru wali kelas dan satu guru mata pelajaran ekonomi.

Hasil temuan dilapangan menunjukkan bahwa yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor psikologis, yakni kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran ekonomi, kurangnya minat siswa dengan pelajaran ekonomi, pelajaran yang tidak sesuai dengan bakat siswa, kurangnya motivasi siswa, kebiasaan belajar siswa yang tidak teratur, dan kurangnya kesiapan belajar siswa. Sedangkan untuk faktor eksternal meliputi faktor sekolah, yakni metode mengajar guru yang kurang bervariasi, cara didik orang tua dan teman bergaul.