SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Moralitas Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Jombang.

AYU DWIDYAH RINI

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Rini, Ayu Dwidyah. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Moralitas Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Jombang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hari Wahyono, M.Pd. (II) Drs. Prih Hardinto, M.Si

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Karakter, Moralitas Ekonomi, Model Pembelajaran PBL Berbasis Karakter, Status Sosial Ekonomi.

 

Moralitas ekonomi merupakan sebuah kerangka dasar dalam melakukan tindakan ekonomi. Segala bentuk tindakan ekonomi setiap peserta didik bergantung pada moralitas ekonomi peserta didik. Proses pembelajaran sangat mendukung proses pembentukan moralitas ekonomi yang baik. Maka oleh sebab itu proses pembelajaran sangat mendukung dalam pembentukan moralitas ekonomi. Oleh sebab itu dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan moralitas ekonomi setiap pesertab didik. Penelitian ini sangat penting mengingat moralitas ekonomi adalah hal yang perlu ditanamkan pada siswa. Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk mengetahui efektivitas suatu model pembelajaran dalam meningkatkan moralitas ekonomi.

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri, model pembelajaran PBL, status sosial sebagai variabel independen dan moralitas ekonomi sebagai variabel dependen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan moralitas ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran PBL, untuk mengetahui perbedaan moralitas ekonomi dengan status sosial ekonomi yang berbeda, serta untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan status sosial dalam membedakan moralitas ekonomi siswa.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperiment. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Jombang, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 72 siswa dengan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis two ways analys dan analisa data menggunakan bantuan SPSS 17.0 for windows dengan taraf signifikansi 5%.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan moralitas ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiri dengan yang diajar dengan model pembelajaran PBL, terdapat perbedaan moralitas ekonomi siswa dengan status sosial yang berbeda. Serta tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan status sosial dalam membedakan moralitas ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Jombang.

Saran yang dapat disampaikan sehubungan dengan penelitian ini adalah untuk sekolah, hendaknya senantiasa mengembangkan kegiatan belajar dengan berbagai model pembelajaran dalam meningkatkan moralitas ekonomi. bagi guru. hendaknya menjaga kualitas moralitas ekonomi siswa yang telah berkembang baik dan juga meningkatkan moralitas ekonomi siswa yang buruk menjadi lebih baik dengan berbagai model pembelajaran dalam proses pembelajaran, serta senantiasa memberi dorongan pada siswa untuk meningkatkan moralitas ekonomi siswa. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian diluar variabel pada penelitian ini kaena masih ada 68,3% variabel lain di luar penelitian ini yang juga meningkatkan moralitas ekonomi siswa. Selain itu, dapat juga menggunakan sampel sekolah lain dan menambah jumlah sekolah yang diteliti sehingga dapat memberikan hasil yang signifikan.