SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Wanita pada Perusahaan Rokok PT. Cakra Guna Cipta Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang

Mayang Sekarini

Abstrak


ABSTRAK

 

Sekarini, Mayang. 2012. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Wanita pada Perusahaan Rokok PT. Cakra Guna Cipta Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Hari Wahyono, M.Pd. (II) Drs. Mardono. M.Si.

 

Kata Kunci : Jumlah tanggungan keluarga, lama bekerja, persepsi tenaga kerja atas motivasi, produkktivitas, tenaga kerja wanita.

 

Kabupaten Malang yang memiliki komposisi penduduk berjenis kelamin wanita yang hampir mendekati jumlah penduduk laki-laki merupakan aset pembangunan daerah yang harus diperhitungkan, karena dengan memanfaatkan potensi sumber daya manusia yang ada diharapkan dapat menciptakan sumber daya yang berkualitas dan memiliki daya saing. Adanya kesempatan kerja dan peluang yang diberikan kepada wanita dalam pembangunan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki dengan tidak mengabaikan peran serta wanita sebagai seorang istri dan ibu.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja wanita dengan studi kasus pada perusahaan rokok PT. Cakra Guna Cipta, Kecamatan Pakisaji. Pemilihan studi kasus ini berdasarkan pada pertimbangan bahwa industri rokok mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja terutama wanita. Dalam hal ini penting bagi perusahaan untuk memperhatikan produktivitas tenaga kerja wanita dalam bekerja sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Sedangkan produktivitas bagi tenaga kerja sendiri akan berdampak pada peningkatan motivasi dalam bekerja sehingga akan berpengaruh terhadap hasil produksi dan akan meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Diduga bahwa variabel yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja wanita pada perusahaan rokok PT. Cakra Guna Cipta adalah jumlah tanggungan keluarga, lama bekerja dan persepsi tenaga kerja atas motivasi. Metode yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 17.

Dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil pengisian angket yang diisi oleh tenaga kerja wanita bagian pelintingan. Sedangkan data sekunder dipilih sebagai penunjang bagi tercapainya tujuan penulisan ini. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja wanita bagian pelintingan sebanyak 323 orang. Sedangkan sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling  yaitu sebanyak 179 orang. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.

Dari hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa t hitung pada variabel jumlah tanggungan keluarga sebesar 5,278. Dengan signifikansi 0,000 maka t hitung > t tabel (5,278 > 1,645) dan besarnya probabilitas (sig) 0,000 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan koefisien regresi signifikan. Sedangkan t hitung pada variabel lama bekerja sebesar -4,402 Dengan signifikansi 0,00 maka t hitung < t tabel (-4,402 < 1,645) dan besarnya probabilitas (sig) 0,00 < 0,05. Sehingga Ho diterima dan koefisien regresi signifikan. Sedangkan t hitung pada variabel persepsi tenaga kerja atas motivasi sebesar 8,334. Dengan signifikansi 0,00 maka t hitung > t tabel (8,334 > 1,645) dan besarnya probabilitas (sig) 0,00 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan koefisien regresi signifikan. Dari data ANOVA diketahui bahwa Fhitung yaitu 86,643, sehingga Fhitung>Ftable (86,643 > 2,706)  dan probabilitas signifikan adalah 0,000 karena signifikannya jauh lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat dikatakan bahwa jumlah tanggungan keluarga, lama bekerja dan persepsi tenaga kerja atas motivasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja wanita. Faktor paling dominan mempengaruhi produktivitas tenaga kerja wanita yaitu persepsi tenaga kerja atas motivasi sebesar 45,9%. Selain itu dari uji parameter yang ditemukan bahwa persamaan regresi ini tidak mengalami gejala multikolinearitas, heterokedastisitas dan normalitas maka asumsi regresi linier klasik sudah terpenuhi.

Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, maka disarankan agar pimpinan pabrik rokok PT. Cakra Guna Cipta hendaknya memperhatikan peningkatan kesejahteraan tenaga kerja wanita dengan memberikan jaminan sosial, pemberian insentif sesuai dengan kemampuan perusahaan. Selain itu hendaknya perusahaan memperhatikan faktor usia muda dalam menerima tenaga kerja baru dan memberikan penghargaan bagi tenaga kerja yang sudah lama bekerja di perusahaan agar motivasi dan produktivitas diharapkan meningkat. Di samping itu, perusahaan tetap mempertahankan penciptaan suasana kerja yang harmonis dan nyaman dengan cara menjalin komunikasi yang baik di dalam lingkungan kerja maupun di luar lingkungan kerja.