SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-4 SMAN 9 Malang

Hanik Rofiqoh

Abstrak


 

 

ABSTRAK

 

Rofiqoh, Hanik. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi SIswa Kelas X-4 SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Prih Hardinto, M.Si.

(II) Dra. Hj. Lisa Rokhmani, M. Si

 

Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Motivasi Belajar, Hasil Belajar

 

 

Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa pembelajarn ekonomi di SMA Negeri 9 Malang, pada umumnya guru masih menggunakan metode konvensional (ceramah), membahas LKS, dan tanya jawab, yang mana dalam tanya jawab tersebut hanya siswa tertentu saja yang mau bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru sehingga pembelajaran kurang bervariasi. Hal tersebut menyebabkan siswa merasa bosan dan cenderung meremehkan guru dengan ramai sendiri bersama teman sebangkunya, maka akan membuat motivasi belajar siswa rendah. Rendahnya motivasi belajar ekonomi dan sikap siswa tersebut berdampak terhadap hasil belajar siswa kelas X-4 SMA Negeri 9 Malang. Hal ini dapat dilihat dari masih banyak nilai hasil ujian siswa di bawah Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang ditetapkan di SMA Negeri 9 Malang yaitu 75 ke atas. Selain itu, pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat tradisional. Pada materi tertentu terkadang menggunakan diskusi, namun sebatas diskusi konvensional, sehingga sering dijumpai siswa yang masih tergantung pada teman atau guru dan siswa cenderung malas untuk berfikir. Untuk mengatasi permasalahan di atas, diperlukan suatu metode pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa untuk bekerjasama dalam memaksimalkan kondisi belajar, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share(TPS).

Think Pair Share (TPS) merupakan suatu teknik sederhana dengan keuntungan besar. Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi dan seorang siswa juga dapat belajar dari siswa lain serta saling menyampaikan idenya untuk didiskusikan sebelum disampaikan di depan kelas. Selain itu, Think Pair Share (TPS) juga dapat memperbaiki rasa percaya diri dan semua siswa diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam kelas. Think Pair Share (TPS) sebagai salah satu metode pembelajaran kooperatif yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu thinking, pairing, dan sharing. Guru tidak lagi sebagai satu-satunya sumber pembelajaran (teacher oriented), tetapi justru siswa dituntut untuk dapat menemukan dan memahami konsep-konsep baru (student oriented).

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dapat meningkatkan  motivasi belajar ekonomi siswa kelas X-4 SMA Negeri 9 Malang dan mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-4 SMA Negeri 9 Malang.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penerapan model Think Pair Share (TPS) dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari empat kali pertemuan.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 9 Malang dengan jumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, rubrik penilaian, observasi, catatan lapangan, angket, wawancara, dan dokumentasi.

Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan persentase seluruh aspek motivasi belajar siswa yang diamati yaitu 61,40% dengan kategori cukup pada siklus I meningkat menjadi 80,98% dengan kategori sangat tinggi pada siklus II. Dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dimana siklus pertama ditinjau dari aspek kognitif setelah tindakan rata-rata sebesar 82,05% dan pada siklus kedua menjadi 94,87%. Dari aspek afektif didapat rata-rata pada siklus pertama sebesar 74,36% dan pada siklus kedua sebesar 89,74%.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi siswa kelas X-4 SMA Negeri 9 Malang. (2) penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas

X-4 SMA Negeri 9 Malang. Adapun saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi sekolah hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam menerapkan model pembelajaran Think Pair Share pada pembelajaran ekonomi agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan maksimal. (2) Bagi guru dalam menerapkan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa akan menggunakan langkah-langkah, diantaranya Thinking (berpikir) yaitu siswa mulai memikirkan secara individu pertanyaan/masalah yang diberikan guru dalam waku tertentu, Pairing (berpasangan) yaitu siswa berpasangan dengan teman sebangku atau yang lainnya untuk mendiskusikan mengenai jawaban yang telah diperoleh dari masing-masing siswa, dan Sharing (berbagi) yaitu siswa secara individu mewakili kelompok atau berdua mereka maju bersama untuk melaporkan hasil diskusinya ke seluruh kelas. (3) Bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan motivasi dalam pembelajaran karena siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan meningkatkan hasil belajarnya dan tercapai hasil yang maksimal. (4) Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas, sekolah, dan materi yang berbeda. Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya melakukan tindakan lebih dari dua siklus. Sehingga hasil yang diperoleh dapat maksimal guna perbaikan pendidikan.