SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penguatan (Reinforcement ) yang diberikan oleh Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs Mu’allimat Malang Kelas VII dan VIII pada Bidang Studi IPS Terpadu.

Dzin Nuroini

Abstrak


ABSTRAK

 

Nuroini, Dzin. 2011. Pengaruh Penguatan (Reinforcement ) yang diberikan oleh Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs Mu’allimat Malang Kelas VII dan VIII pada Bidang Studi IPS Terpadu. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Agung Haryono, S.E., M.P., Ak (II) Farida Rahmawati, S.E., M.E

 

Kata Kunci : Penguatan, Motivasi, Prestasi

 

Penguatan diberikan kepada siswa sebagai penghargaan atas usaha dan prestasi yang telah dicapainya agar siswa terdorong untuk terus meningkatkan prestasinya. Selain penguatan yang diberikan oleh guru, motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dalam kegiatan belajar, motivasi tentu sangat diperlukan, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar tidak akan mungkin melakasanakan aktivitas belajar. Adanya motivasi yang baik  dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik pula.  

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Pengaruh penguatan (reinforcement) yang diberikan oleh guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VII dan VIII MTs Mu’allimat Malang pada bidang studi IPS Terpadu (2) Pengaruh motivasi belajar belajar terhadap terhadap prestasi belajar siswa kelas VII dan VIII MTs Mu’allimat Malang pada bidang studi IPS Terpadu (3) Pengaruh penguatan (reinforcement) yang diberikan oleh guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII dan VIII MTs Mu’allimat Malang pada bidang studi IPS Terpadu. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII MTs Mu’allimat Malang tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 46 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data dianalisis dengan teknik prosentase, korelasi, dan regresi dengan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows.

Berdasarkan analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh positif penguatan yang diberikan oleh guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VII dan VIII MTs Mu’allimat Malang pada bidang studi IPS Terpadu. Terdapat juga pengaruh positif motivasi belajar belajar terhadap terhadap prestasi belajar siswa kelas VII dan VIII MTs Mu’allimat Malang pada bidang studi IPS Terpadu. Terdapat pengaruh yang simultan dan positif penguatan yang diberikan oleh guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII dan VIII MTs Mu’allimat Malang pada bidang studi IPS Terpadu .

Oleh karena itu, diharapkan bagi guru untuk selalu meningkatkan keterampilan mengajarnya yang salah satunya adalah keterampilan memberikan penguatan sehingga muncul persepsi yang baik dalam diri siswa terhadap gurunya. Selain itu, diharapkan juga bagi guru untuk selalu memotivasi siswa agar siswa terus semangat belajar dan mencapai prestasi yang terbaik.