SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kemampuan Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 9 Malang

IMAM BAGUS BUDIARTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Budiarto, Imam Bagus. 2011. Pengaruh Kemampuan Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 9 Malang. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono,SE. M.P. Ak. (II) Dra. Hj. Lisa Rokhmani.M.Si.

 

Kata Kunci : Kemampuan Guru, Minat Belajar Siswa, Prestasi Belajar

 

Guru memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan. Karena guru memegang kunci dalam pendidikan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Guru adalah pihak yang paling dekat berhubungan dengan siswa dalam pelaksanaan pendidikanbsehari-hari, dan guru merupakan pihak yang paling besar peranannya dalam menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, pembinaan dan pengembangan terhadap guru merupakan hal mendasar dalam proses pendidikan. Saat ini guru di anggap sebuah profesi yang sejajar dengan profesi yang lain, Sehingga seorang guru di tuntut bersikap profesional dalam melaksanakan tugasnya. Guru yang profesional adalah guru yang mempunyai sejumlah kompetensi yang dapat menunjang tugasnya yang meliputi kompetensi pendagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial maupun kompetensi pribadi. Dari kompetensi tersebut guru dapat menciptakan suasana dalam belajar menjadi nyamman dan optimal sehingga menumbuhkan perepsi siswa yang positif. Minat  harus diperhatikan karena minat merupakan variabel yang berpengaruh terhadap tercapainya suatu tujuan atau cita-cita yang ingin dicapai dalam belajar. Seorang guru harus menumbuhkan motivasi dan minat siswa agar dapat meningkatkan prestasi para siswa, karena minat merupakan peran penting yang ada di dalam diri setiap siswa dan merupakan faktor intenal yang yang harus di tingkatkan.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan guru terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 9 Malang (2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 9 Malang (3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan guru dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 9 Malang.

Dalam penelitian ini menggunakan analisis deskripsi untuk menggambarkan tentang kondisi persepsi siswa tentang kemampuan guru (X1), minat belajar(X2), dan prestasi belajar siswa(Y). Sedangkan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui besarnya pengaruh antara persepsi siswa tentang kemampuan guru dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 9 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang yang berjumlah 319 siswa dan sampelnya sebesar 64 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling.  Hasil analisis data menunjukkan bahwa: secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar pada  persepsi siswa tentang kemampuan guru dan minat belajar siswa. Sedangkan secara simultan dari hasil uji F diketahui besaran probabilitas menunjukkan bahwa kemampuan guru dan minat belajar siswa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar.

Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat di ajukan adalah  (1) Kemampuan guru sudah baik, dan kemampuan guru tersebut harus di tingkatkan lagi supaya bisa meningkatkan prestasi siswa secara keseluruhan dan dapan memberikan nama baik pada SMA Negeri 9 Malang. Untuk itu bagi para guru yang memiliki kemampuan baik maupun yang cukup baik, agar sering mengikuti pelatihan-pelatihan guru yang di adakan oleh kementrian pendidikan setempat maupun pelatihan yang di lakukan oleh lembaga lain. (2) Minat belajar sudah baik, agar dapat terus dipertahankan guru harus selalu menghimbau siswa agar tetap mempertahankan minat yang telah dimiliki sehingga minat yang telah dimiliki akan terus bertambah. Maka dari itu, Para guru di sarankan menggunakan metode dan model-model pembelajaran yang bervariasi dan menarik. Sehingga para siswa memiliki motinasi dan semangat yang tinggi dalam mengikuti pelajaran di sekolah, khususnya pelajaran ekonomi. (3) Untuk peneliti yang akan datang, apabila akan menggunakan variabel yang sama dalam penelitiannya disarankan agar mengambil jumlah sampel yang lebih besar sehingga hasil penelitian tersebut bisa bermanfaat bagi banyak pihak. Di sisi lain variabel-variabel dalam penelitian dapat di tambah pula.