SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penghasilan Orang Tua dan Kebiasaan Belajar Terhadap hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumberpucung Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2010/2011

Aristyo Fajar Wicaksono

Abstrak


ABSTRAK

 

Wicaksono, Aristyo Fajar. 2010. Pengaruh   Penghasilan Orang Tua DanKebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Kelas VIIISMPN 2 Sumberpucung Kabupaten Malang Tahun Pelajaran2010/2011. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, FakultasEkonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sapir, S.Sos,Msi, (II) Dr. Hadi Sumarsono, S.T.,M.Si

 

Kata kunci penghasilan orang tua, kebiasaan belajar, hasil belajar

 

Salah satu indikator tolak ukur keberhasilan lembaga pendidikan untukmenghasilkan lulusan yang berkualitas adalah hasil belajar yang dicapai. Namun ini juga tidak bisa terealisasi dengan baik jika tidak didukung dengan lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar. Keluarga khususnya orang tua memiliki peranan penting dalam mengembangkan pribadi anak baik dari segi materiil maupun inmateriil. Sebagai sumber utama proses sosialisasi, perawatan orang tua yang penuh kasih sayang, dan pendidikan tentang nilai-nilai kehidupan, baik agama maupun sosial budaya yang diberikan merupakan faktor yang kondusif untuk mempersiapkan anak menjadi pribadi dan anggota masyarakat yang sehat.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penghasilan orang tua,kebiasaan belajar, dan hasil belajar serta untuk mengetahui seberapa besarpengaruh penghasilan orang tua dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matapelajaran Ips kelas VIII SMP Negeri 2 Sumberpucung

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Sumberpucung KabupatenMalang, bulan November sampai Desember 2010. Pendekatan yang digunakandalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedang untuk menganalisadata yang dapat ditarik kesimpulan menggunakan analisis deskriptif dan analisisregresi linear berganda.

Secara parsial hasil data yang diperoleh menunjukkan ada pengaruh yangsignifikan antara penghasilan orang tua terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkanberdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh t hitung 4.540 > t tabel serta dengan tarafsignifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa adapengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. Hal inidibuktikan dengan hasil uji hipotesis diperoleh t hitung sebesar 4,542 > t tabel dengantaraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Secara simultan penelitian ini juga memperoleh hasil bahwa ada pangaruhyang signifikan antara penghasilan orang tua dan kebiasaan belajar terhadap hasilbelajar. Hal ini terbukti dengan uji F, dimana diketahui bahwa nilai F hitung sebesar46,498 > F tabel serta dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikianpenelitian ini menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan secara simultanpenghasilan orang tua dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaranIPS diterima.

Berdasarkan penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitianlebih lanjut misalnya pengaruh faktor keluarga terhadap hasil belajar, pengaruh pola asuh anak terhadap hasil belajar serta pengaruh motovasi belajar terhadap hasil belajar.