SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kualitas Layanan Kepada Anggota Terhadap Loyalitas Siswa di Koperasi Sekolah MAN 3 Malang

Dian Rakhmawati

Abstrak


ABSTRAK
Nia Rakhmawati, Dian. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan Kepada Anggota
Terhadap Loyalitas Siswa di Koperasi Sekolah MAN 3 Malang. Skripsi,
Jurusan Pendidikan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas
Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. J. G. Nirbito, M.Pd., (2) Farida
Rahmawati, S.E., M.E.
Kata kunci:Kualitas layanan Kepada Anggota, Loyalitas Siswa
Koperasi sekolah merupakan salah satu bentuk pelayan khusus yang
diadakan di sekolah yang menunjang kegiatan pembelajaran disekolah yang
didasari oleh azas kekeluargaan. Keberadaan koperasi sekolah banyak disukai
oleh para siswa, apabila keberadaan koperasi tersebut memberikan manfaat bagi
para siswa. MAN 3 Madrasah Aliyah Negeri merupakan salah satu sekolah
MAN Madrasah Aliyah Negeri sekolah menengah setara SMU mempunyai
keunggulan lainnya diantaranya kelengkapan sarana dan prasarana sekolah yang
menunjang pembelajaran siswa. salah satunya adalah koperasi sekolah dilihat dari
bentuk fisik koperasi yaitu ruangan koperasi ukurannya lebih besar dari pada
koperasi pada umumnya. Koperasi ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai
koperasi dengan sistematika pembukuan terbaik antar SMU Se-Malang Raya
pada tahun 2005, selain itu koperasi tersebut masuk dalam 3 besar Jambore
Koperasi
Dalam koperasi terdapat istilah pelayanan pada anggota dimana layanan
tersebut merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan jasa maupun
barang. Koperasi merupakan bentuk layanan khusus yang ada di sekolah yang
diperuntuhkan bagi para siswa, dimana layanan khusus ini berfungsi untuk
mendukung proses belajar dan mendidik para siswa terutama dalam hal
pengelolaan koperasi. Dalam pengelolaan koperasi sekolah harus mempunyai
kualitas layanan yang sangat baik terutama bagi anggota koperasi di sekolah.
Untuk itu pengelolaan koperasi sekolah khususnya dalam kualitas layanan yang
dijalankan oleh anggota perlu mengetahui pengelolaan koperasi khususnya
kualitas layanan yang dijalankan oleh koperasi itu sudah baik atau belum.
Penelitian ini bertujuan 1). Mengetahui kondisi kualitas layanan anggota
yang meliputi dimensi fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati
terhadap loyalitas siswa di Koperasi MAN 3 Malang., (2) Mengetahui kondisi
loyalitas siswa yang meliputi frekuensi pembelian, promosi, advokasi/memihak
suatu produk dan intensitas pembelian di Koperasi sekolah MAN 3 Malang., (3)
Mengetahui ada pengaruh kualitas layanan kepada anggota (yang terdiri dari
dimensi fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) terhadap loyalitas
siswa di Koperasi sekolah MAN 3 Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan
jenis penelitian deskriptif korelasional.Penelitian ini menggunakan instrument
berupa kuesioner kemudian hasilnya dianalisis dengan menggunakan regresi linier
sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X dan IX dimana jumlahnya
sebesar 450 dan sampelnya 50 siswa.
ii
Hasil penelitian regresi linier sederhana dapat diketahui Ha diterima yang
berarti ada pengaruh signifikan antara kualitas layanan kepada anggota terhadap
loyalitas siswa di koperasi sekolah MAN 3 Malang. Hal ini membuktikan bahwa
nilai t hitung 7,823> dari pada t tabel 2,009 atau dengan memperhatikan nilai
signifikannya 0,00