SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Ketertarikan Siswa Terhadap MataPelajaran IPS Terpadu Bidang Ekonomi (Kasus Pada Siswa Kelas VII-A danVII-E SMP Negeri 2 Malang)

Nur Anggraini

Abstrak


ABSTRAK

Anggraini, Nur. 2011. Ketertarikan Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPS Terpadu Bidang Ekonomi (Kasus Pada Siswa Kelas VII-A dan VII-E SMP Negeri 2 Malang). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono, M.S Ed., (II) Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si.

 

Kata Kunci: ketertarikan, guru, bahan pelajaran, metode, media, fasilitas pendidikan

Ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu bidang ekonomi dapat dipengaruhi oleh faktor guru, bahan pelajaran, metode pelajaran, media pelajaran dan fasilitas pendidikan. Dengan adanya ketertarikan dalam proses belajar mengajar, sangat membantu siswa dalam menerima dan menambah pengetahuan pada mata pelajaran IPS Terpadu bidang ekonomi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu bidang ekonomi kelas VII di SMPN 2 Malang jika dilihat dari faktor guru, bahan pelajaran, metode, media, dan fasilitas pendidikan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-A dan VII-E. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diambil dengan teknik observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu bidang ekonomi jika dilihat dari faktor tenaga pengajar/guru dalam pembelajaran tergolong cukup tinggi hal ini dikarenakan cara mengajar guru santai dan tidak membosankan. Ketertarikan siswa juga disebabkan karena guru menggunakan sistem point berupa tambahan nilai apabila siswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukannya. Jika dilihat dari faktor bahan pelajaran tergolong tinggi. Ini dibuktikan bahwa siswa tertarik terhadap bahan pelajaran karena isi materi dapat menambah pengetahuan dan wawasannya. Oleh karena itu siswa selalu membawa buku paket dan membacanya apabila ada waktu kosong/senggang diluar jam pelajaran. Dari metode pelajaran, siswa tertarik jika guru menggunakan metode perpaduan antara tanya jawab dan permainan dan sedikit ceramah. Kemudian dilihat dari media pelajaran, siswa tertarik apabila guru menggunakan media yang bervariasi. Dari sisi fasilitas pendidikan (alat peraga) siswa sangat tertarik apabila guru mengajak mereka keruang Audio-Visual karena di ruang itu terdapat layar proyektor sehingga tampilan slide power point ataupun film dan video terlihat lebih jelas dan lebih lebar dari pada di dalam kelas.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pengajaran guru yang disukai siswa saat ini harus dipertahankan dan kalau bisa ditambah, guru juga harus lebih kreatif untuk menggunakan metode dan media dalam pembelajarannya dan sebaiknya pihak sekolah merenovasi kelas agar siswa lebih tertarik untuk mendengarkan materi pelajaran apabila guru menjelaskan materi dalam bentuk slide power point melalui LCD yang ada di dalam kelas.