SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi minat siswa kelas IX SMPN 1 Malang tahun ajaran 2008/2009 dalam melanjutkan sekolah

Desi Satyawati

Abstrak


Putus sekolah telah menjadi salah satu permasalahan serius yang harus segera
mendapat perhatian dan penanganan yang optimal dari semua kalangan masyarakat. Putus
sekolah erat keitannya dalam kegagalan belajar yang dipengaruhi berbagai faktor. Selama
ini dugaan penyebab utama terjadinya putus sekolah adalah faktor ekonomi. Berbagai
upaya dilakukan oleh pemerintah. Untuk menekan angka putusnya sekolah di Indonesia,
salah satunya dengan wajib belajar 9 tahun. Salah satu peran penting yang harus dimiliki
seorang individu (siswa) untuk dapat meningkatkan keberhasilan belajar adalah Minat.
Sebab dengan minat, siswa akan termotivasi untuk belajar lebih giat dan tekun.
Tumbuhnya minat pada siswa SMPN 1 Malang kelas IX untuk melanjutkan studi ke
SMAN atau SMKN dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu, faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor Internal merupakan factor yang berasal dari dalam diri siswa yang meliputi bakat,
motivasi, intelegensi, dan keadaan jasmani. Sedangkan faktor Eksternal adalah faktor
yang berasal dari luar diri siswa yang meliputi, lingkungan keluarga, pendidikan sekolah
dan masyarakat.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui : (1) Adanya pengaruh faktor internal terhadap minat siswa kelas IX SMPN 1
Malang dalam melanjutkan sekolah, (2). Adanya pengaruh faktor eksternal terhadap
minat siswa kelas IX SMPN 1 Malang dalam melanjutkan sekolah, (3) Adanya pengaruh
faktor internal dan eksternal secara simultan terhadap minat siswa kelas IX SMPN 1
Malang dalam melanjutkan sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk
menemukan fakta tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa kelas IX SMPN
1 Malang tahun ajaran 2008/2009 dengan data yang berasal dari pengambilan
angklet/kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMPN 1
Malang, dan jumlah sample yang diambil sebanyak 80 siswa dengan menggunakan teknik
random sampling atau pengambilan sample secara acak. Penelitian ini dilakukan pada
bulan Maret 2009. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program
SPSS 13.0 for windows. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis Deskriptif dalam bentuk persentasi untuk memperoleh gambaran tentang
keadaan dalam subyekj penelitian dan analisis Inferensial, yang menggunakan regresi
linier berganda yang berfungsi untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama
(simultan) maupun sendiri-sendiri (parsial) antara variable bebas (X) dengan variable
terikat Y
ii
Hasil Analisis Statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian sebagai berikut a)
Peran faktor internal terhadap minat tinggi, terbukti tidak ada yang menganggap bahwa
faktor internal tidak berperan dan 68 siswa (85 %) menyatakan faktor internal berperan
penting dalam keputusan melanjutkan sekolah. b) Peran faktor eksternal terhadap minat
tinggi, terbukti tidak ada yang menganggap bahwa faktor internal tidak berperan dan 64
siswa (80 %) menyatakan faktor internal berperan penting dalam keputusan melanjutkan
sekolah. c) Minat dalam melanjutkan sekolah ke SMAN atau SMKN pada siswa SMPN I
kelas IX termasuk dalam kategori tinggi, ini terbukti 54 siswa (67,5 %) memiliki minat
yang tinggi. d) Hasil dari keputusan siswa dalam memiliki minat untuk melanjutkan ke
SMAN atau SMKN, bahwa SMAN adalah sekolah yang paling banyak diminati siswa
untuk melanjutkan sekolah yang lebih tinggi, ini terbukti dari 80 siswa, 51 siswa (63,75
%) lebih memilih SMAN dan 23,75 % (19 siswa) memilih SMKN dan sisanya 10 siswa
(12,50 %) masih bimbang dalam memilih sekolah. Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh sebagai berikut. a) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara
faktor internal terdapat minat siswa dalam melanjutkan sekolah SMAN atau SMKN pada
siswa SMPN I Malang, terbukti dari uji analisis parsial dengan α menunjukkan t hitung > t
tabel. b) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor eksternal terdapat
minat siswa dalam melanjutkan sekolah SMAN atau SMKN pada siswa SMPN I Malang,
terbukti dari uji analisis parsial dengan α menunjukkan t hitung > t tabel. c) Secara simultan
terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor internal dan eksternal terdapat minat
siswa dalam melanjutkan sekolah SMAN atau SMKN pada siswa SMPN I Malang,
terbukti dari uji analisis parsial dengan α menunjukkan f hitung > f tabel .
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan, 1) Faktor Bakat merupakan faktor
yang paling berperan dalam melanjutkan sekolah ke SMAN atau SMKN oleh siswa kelas
IX SMPN 1 Malang, 2) Faktor Orang tua merupakan faktor yang paling berperan dalam
melanjutkan sekolah ke SMAN atau SMKN oleh siswa kelas IX SMPN 1 Malang. 3)
SMAN adalah sekolah menengah atas yang paling banyak diminati oleh siswa SMPN 1
Malang kelas IX sebesar 51 siswa (63,75%) dengan alasan ingin segera
melanjutkan/meneruskan ke Perguruan Tinggi dan 19 siswa lain berminat ingin
melanjutkan sekolah ke SMKN dengan orientasi ingin segera mendapatkan pekerjaan.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan. 1) Untuk lebih meningkatkan siswa,
bukan hanya melibatkan untuk pengambilan keputusan dalam melanjutkan sekolah, tetapi
juga minat dalam belajar. 2) Untuk orang tua dan para dewan guru diharapkan terus
mendampingi putra-putrinya untuk membimbing dan mendukung tumbuh kembangnya
minat siswa dalam memperoleh prestasi.