SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi pemetaan profesionalisme guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) yang telah lulus program sertifikasi se-Kediri

Nurmala Indah Handayani

Abstrak


Upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia tidak kunjung menemukan hasil yang menggembirakan. Banyak faktor yang mempengaruhinya, tetapi yang paling besar mempengaruhinya adalah kondisi guru. Guru memiliki peran yang penting dalam dunia pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan sangat membutuhkan guru yang berkompetensi dalam bidangnya. Misi pendidikan akan berhasil apabila dilaksanakan oleh guru yang baik pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru ekonomi SMA Negeri se-Kediri, yang meliputi delapan guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi. Penelitian ini menggunakan instrumen pedoman observasi, wawancara, dan angket. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dengan tabel persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil observasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dilakukan pada 8 orang guru ekonomi SMA Negeri yang telah lulus program sertifikasi se-Kediri diperoleh hasil bahwa sebanyak 5 guru atau sekitar 62,5% dinyatakan memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi.. Hasil observasi silabus guru juga menunjukkan hasil bahwa sebanyak 6 guru atau sekitar 75% dinyatakan memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi dalam menyusun program pembelajaran. (2) Dari hasil observasi pada 8 observan, sebanyak 6 guru atau 75% memiliki tingkat profesionalisme tinggi. Hasil penelitian ini juga dapat dilihat dari hasil penskoran angket balikan siswa yaitu sebanyak 5 orang guru atau 62,5% memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. (3) Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada 8 orang guru ekonomi SMA Negeri yang telah lulus program sertifikasi se-Kediri diperoleh hasil bahwa sebanyak 6 guru atau sekitar 75% dinyatakan memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa guru ekonomi yang telah lulus sertifikasi merupakan guru yang professional.