SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh sikap dan perilaku ekonomi guru serta status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa SMA di Kota Malang

Marlina Ameltansilia Kadja

Abstrak


Beranjak dari kelemahan pendidikan ekonomi di sekolah, terutama dalam kaitannya dengan pembentukan sikap positif anak untuk menjadi pelaku ekonomi yang efektif dan efisien, diperlukan wahana alternatif pendidikan ekonomi yang dapat berperan penting bagi pembentukan sikap yang dimaksud, memiliki kelayakan untuk dilaksanakan, memberikan pengalaman belajar yang bersifat praktis dan tidak terikat pada aturan formal seperti pendidikan di sekolah, sehingga pendidik dan peserta didik memiliki keleluasaan untuk mengembangkan kegiatan belajar. Wahana alternatif yang dimaksud adalah pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga.
Analog dengan kepentingan untuk memahami aktivitas produktif dan konsumtif kepala keluarga, intensitas pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dapat memiliki kontribusi penting bagi peningkatan kegiatan produktif dan penciptaan surplus ekonomi yang besar pengaruhnya bagi kemajuan dan pertumbuhan ekonomi negara. Melalui pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga secara intens, dapat dibentuk manusia ekonomi (homo economicus) yang produktif dan ekonomis dalam pemanfaatan uang maupun sumberdaya lainnya. Melalui lingkungan keluarga dapat dibentuk sikap yang diperlukan, agar anak kelak setelah mereka dewasa dan menjadi kepala keluarga memiliki perilaku ekonomi yang efektif dan efisien. Jelas bahwa pemahaman atas aktivitas produktif dan konsumtif kepala keluarga, bagi kepentingan pengembangan sikap yang dapat mendorong pencapaian efektivitas dan efisiensi atas aktivitas tersebut, dapat dilakukan melalui pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga secara intens.
Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut diatas, maka masalah yang dibahas yaitu : Bagaimana pengaruh sikap dan perilaku ekonomi guru dan status sosial orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa di sekolah menengah atas di kota Malang ? Dalam penelitian ini berdasarkan pendapat Arikunto di atas maka sampel dari penelitian ini adalah sebagai berikut : sekitar 8 sampai 9 Sekolah Menengah Atas Negeri dan Swasta yang ada di Malang.
Dari hasil penelitian ditunjukkan bahwa sikap dan perilaku ekonomi guru mempengaruhi terhadap rasionalitas ekonomi siswa di Sekolah Menengah Atas di Kota Malang. Hal ini dapat dilihat bahwa dari jawaban kuesioner menunjukkan rasionalitas ekonomi siswa di Sekolah Menengah Atas cukup baik diiringi dengan contoh teladan dari sikap dan perilaku ekonomi guru.
Hasil jawaban responden diketahui bahwa status sosial ekonomi orang tua juga berpengaruh signifikan terhadap rasionalitas ekonomi siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Malang.
Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari dua variabel bebas yang diteliti yaitu ada pengaruh signifikan antara sikap dan perilaku ekonomi guru serta pengaruh signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Malang.