SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, Kebiasaan Belajar Siswa dan Kecerdasan Intelektual (IQ) Siswa Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Laboratorium UM

SHINTA EKA UTAMI

Abstrak


ABSTRAK

 

Utami, Shinta Eka. 2011. Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, Kebiasaan Belajar Siswa dan Kecerdasan Intelektual (IQ) Siswa Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Prih Hardinto, M.Si. (2) Drs. Mardono, M.Si.

 

Kata kunci: Gaya Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, Kebiasaan Belajar Siswa, Kecerdasan Intelektual (IQ) Siswa, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi.

Belajar sangat diperlukan bagi setiap individu, karena dengan belajar seseorang akan memperoleh pengetahuan mengenai apa yang ia pelajari. Dari proses belajar yang dilakukan oleh siswa, diharapakan mencapai prestasi belajar yang optimal. Keberhasilan seorang siswa dalam belajar dapat dilihat dari prestasi belajar siswa tersebut. Parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah prestasi belajarnya. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh gaya mengajar guru, perhatian orang tua, kebiasaan belajar siswa dan kecerdasan intelektual (IQ) siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji asumsi klasik. Instrument yang di gunakan adalah angket dengan populasi sebesar 533 siswa dan sampel yang di gunakan berjumlah 229 siswa. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16 dengan taraf signifikansi 5%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh enam simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Keempat, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan intelektual (IQ) siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Kelima, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya mengajar guru, perhatian orang tua, kebiasaan belajar, kecerdasan intelektual (IQ) siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Keenam, variabel yang paling dominan mempengaruhi prestasi belajar adalah variabel gaya mengajar guru.